Rekrutmen PNS 2022 Ditiadakan, Pemerintah Hanya Fokus Rekrut PPPK

Ameidyo Daud Nasution
23 Januari 2022, 22:32
cpns, asn, pns
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/rwa.
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo menyampaikan pandangannya saat rapat kerja bersama Komisi II DPR di Komplek Parlemen, Jakarta, Kamis (8/4/2021). Dalam rapat tersebut membahas mengenai pandangan pemerintah atas penjelasan DPR terkait RUU tentang ASN serta pembentukan Panja RUU tersebut.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo menjelaskan alasan tidak ada seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun ini. Tjahjo menjelaskan rekrutmen tahun 2022 akan difokuskan kepada Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Apalagi pemerintah saat ini berencana merekrut lebih banyak ketimbang Pegawai Negeri Sipil (PNS). Tjahjo mengatakan di negara maju, jumlah PNS yang merumuskan kebijakan pemerintah lebih sedikit dari jumlah PPPK.

Ia berharap dengan formulasi seperti itu, maka upaya percepatan reformasi birokrasi dapat segera terwujud. “Pada seleksi tahun ini, Pemerintah fokus rekrutmen PPPK,” kata Tjahjo, Minggu (23/1) dikutip dari Antara.

Sedangkan seleksi PPPK akan fokus kepada tenaga kesehatan, penyuluh, hingga pendidik. Adapun  seleksi PNS akan dilakukan lewat skema sekolah kedinasan.

Alasan lain tak adanya pembukaan formasi CPNS tahun ini adalah karena pemerintah tak memiliki waktu terlalu banyak. Apalagi proses seleksi pegawai ini memakan waktu lebih panjang ketimbang PPPK.

“Sehingga dikhawatirkan tidak akan selesai tepat waktu jika membuka formasi CPNS tahun ini,’ kata Tjahjo.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...