Jokowi Dukung Pagar Alam Jadi Kota Pertama Nol Emisi Karbon Indonesia

Rizky Alika
24 Januari 2022, 20:25
jokowi, pagar alam, energi terbarukan
Antara
Presiden Joko Widodo saat mengunjungi kota Pagar Alam, Sumsel, Senin (24/1). Foto: Antara

Pemerintah telah berkomitmen menekan emisi karbon guna menghentikan pemanasan global. Presiden Joko Widodo pun mendukung Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan untuk menjadi kota pertama di Indonesia dengan nol emisi.

Saat ini, 100% kebutuhan listrik di Pagar Alam berasal dari Energi Baru Terbarukan (EBT). Jokowi memperkirakan, kota tersebut bisa menjadi nol emisi apabila transportasi di kota tersebut menggunakan kendaraan listrik.

Advertisement

"Tinggal menindaklanjuti seterusnya, ini akan menjadi kota dengan zero emission yang pertama," kata Jokowi di Pagar Alam, Senin (24/1).

Ia pun mengapresiasi penggunaan EBT dalam memasok kebutuhan listrik di Pagar Alam. Ia memperkirakan, kota tersebut akanmenjadi kota dengan keindahan alam serta bebas dari polusi.

Mantan Wali Kota Solo itu berharap Pagar Alam bisa menjadi kota hijau. "Kotanya sangat hijau, energinya juga hijau," ujar dia.

Jokowi mengatakan, Indonesia memiliki potensi EBT mencapai 418 ribu Megawatt (MW). EBT itu berasal dari tenaga air, panas bumi, arus bawah laut, panas permukaan laut, angin, dan tenaga surya. Namun, saat ini RI sudah ketergantungan terhadap penggunaan energi fosil dari batu bara.

Untuk itu, transisi menuju EBT diperlukan, seluruh negara sudah memulai transformasi. Kepala Negara pun meminta Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir untuk membantu transisi energi di tempat-tempat yang memungkinkan.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement