Lonjakan Covid-19 di Jakarta Saat Ini Telah Lampaui Puncak Kasus Delta

Rizky Alika
7 Februari 2022, 14:34
jakarta, covid-10
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Petugas PMI menyemprotkan disinfektan di ruangan kelas SMPN 97 Jakarta, Kamis (3/2/2022).

Kasus Covid-19 di Indonesia masih terus meningkat sejak beberapa pekan belakangan. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin pun mengatakan, kasus konfirmasi harian di Jakarta, Banten, dan Bali saat ini sudah melebihi dari kasus harian corona di tiga wilayah tersebut pada gelombang penularan Delta.

"Sekarang sudah ada tiga provinsi yang jumlah kasusnya melebihi jumlah kasus gelombang Delta lalu," kata Budi dalam konferensi video, Senin (7/2).

Advertisement

Secara rinci, tambahan kasus corona harian di DKI Jakarta sudah menembus angka 15.800. Adapun, puncak kasus harian Delta di ibu kota mencapai 14.600 kasus.

Kemudian, tambahan kasus konfirmasi corona di Banten sudah mencapai 4.800 kasus, lebih tinggi dari puncak kasus harian Delta sebanyak 3.900. Sementara, tambahan kasus Covid-19 di Bali sempat menyentuh 2.000 kasus, lebih tinggi dari puncak kasus harian Delta sebanyak 1.900 kasus.

Mantan Direktur Utama Bank Mandiri itu mengatakan, tingkat keterisian rumah sakit di ketiga provinsi tersebut masih berkisar 30-50%. Untuk itu, ia meminta masyarakat untuk tidak panik meskipun kasus akan meningkat tinggi.

"Bahkan, kasus di negara-negara lain bisa 2-3 kali Delta. Yang penting kita menjalankan terus protokol kesehatan," ujar dia.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, Bali perlu mendapatkan perhatian khusus. Sebab, Pulau Dewata itu mengalami tren kenaikan kasus melebihi puncak kasus harian Delta.

"Terdapat tren penambahan kasus melebihi puncak Delta, tapi angka keterisian rumah sakit juga meningkat," katanya.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement