Siapkan Anggaran Mobil Baru Rp 8,3 Miliar, Istana: Untuk Tamu Negara

Rizky Alika
8 Februari 2022, 14:04
anggaran, mobil, istana
ANTARA FOTO/Zabur Karuru/nz
Ilustrasi mobil kepresidenan yang digunakan Presiden Joko Widodo Surabaya, Jawa Timur, Kamis (25/6/2020).

Pemerintah telah menggelar tender pengadaan mobil Istana Kepresidenan Jakarta senilai Rp 8,35 miliar. Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan, mobil itu akan digunakan untuk tamu kenegaraan.

Selain itu, beberapa unit mobil perlu dilakukan peremajaan. Pada tahun lalu, anggaran peremajaan kendaraan telah dihapuskan."Kendaraan ini untuk mendukung rangkaian kegiatan tamu negara," kata Heru dalam keterangannya, Selasa (8/2).

Anggaran ini telah sesuai dengan hasil kajian yang disusun pada 2018 lalu. Kajian dilakukan secara mendalam bersama Biro Umum, Kementerian Sekretariat Negara dan Sekretariat Wakil Presiden.

Hasil kajian menyepakati pengadaan dilakukan secara bertahap mulai 2019 sampai 2024. Ini karena Kementerian Keuangan memiliki keterbatasan pagu anggaran sehingga proses pengadaan dilakukan bertahap. "Jadi memang untuk anggaran juga sudah direncanakan sejak awal," ujar dia.

Heru juga mengatakan pihaknya mengutamakan akuntabilitas serta transparansi dalam anggaran pengadaan mobil tersebut. "Tentunya kami menerima dan mempertimbangkan masukan apabila anggaran ini direalokasikan untuk kepentingan yang lebih prioritas," kata Heru.

Sedangkan anggaran tersebut akan digunakan untuk pembelian empat mobil. Sedangkan kendaraan yang akan dibeli berjenis Sport Utility Vehicle (SUV) serta mobil yang dapat digunakan sebagai rangkaian perjalanan tamu negara.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...