Pidato di Depan Bos WHO, Jokowi Peringatkan Ancaman Pandemi Berikutnya

Rizky Alika
10 Februari 2022, 10:43
jokowi, covid-19, who, pandemi
Sekretariat kabinet/twitter
Presiden Joko Widoo saat memberikan sambutan pada Pertemuan Industri Jasa Keuangan Tahun 2022 dan Peluncuran Taksonomi Hijau Indonesia, 20 Januari 2022

Pandemi Covid-19 telah melanda dunia sejak 2019 lalu. Presiden Joko Widodo pun meminta setiap negara harus mempersiapkan diri dari ancaman pandemi berikutnya.

Hal ini disampaikan Kepala Negara dalam forum virtual Access to Covid-19 Tools Accelerator (ACT-A) Campaign 2022 yang turut dihadiri Kepala Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus.

"Setiap negara harus memiliki kesempatan yang sama untuk mempersiapkan diri dari ancaman pandemi berikutnya," kata Jokowi dalam tayangan video, Rabu (9/2).

Jokowi mengatakan, dunia harus lebih siap dan tanggap terhadap krisis kesehatan. Indonesia juga akan menjadikan penguatan arsitektur kesehatan dunia sebagai salah satu agenda prioritas.

Untuk itu, Mantan Wali Kota Solo itu menilai sejumlah pembenahan harus dilakukan. "Penguatan kapasitas negara berkembang harus mendapatkan perhatian khusus," ujar dia.

Di saat yang sama, negara berkembang juga harus terlibat sebagai solusi pandemi serta menjadi bagian dari rantai pasok suplai vaksin dan peralatan kesehatan. Makanya kerja sama, riset, investasi, dan transfer teknologi harus dilakukan.  "Serta membangun arsitektur kesehatan dunia yang lebih resilient," ujar dia.

Dalam hal ini, peran G20 sangat penting dalam membangun arsitektur kesehatan dunia, termasuk dalam mendorong dukungan pembiayaan kesehatan bagi negara berkembang.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...