Kemenkes Ungkap Penyebab & Solusi Lambatnya Akses Telemedisin Covid-19

Ameidyo Daud Nasution
12 Februari 2022, 16:44
covid-19, kemenkes, laboratorium
ANTARA /M Ibnu Chazar
Tenaga kesehatan memberikan simbol semangat "finger heart" kepada pasien yang telah dinyatakan sembuh dari COVID-19 di Posko Isolasi Mandiri, Desa Puseurjaya, Telukjambe Timur, Karawang, Jawa Barat, Selasa (7/9/2021).

Penanganan kasus Covid-19 di Indonesia masih menemui sejumlah tantangan. Salah satunya telemedisin yang belum bisa diakses cepat karena terganjal administrasi hasil tes dari laboratorium. Ternyata baru beberapa laboratorium yang telah terhubung National All Records (NAR) Kementerian Kesehatan.

Padahal, NAR memungkinkan hasil tes dari laboratorium terhubung dengan aplikasi lain seperti PeduliLindungi. Data dalam sistem ini juga menjadi basis pengobatan hingga perawatan pasien yang menjalani isolasi mandiri.

“Masalah yang ada saat ini, banyak laboratorium yang telat memasukkan data dan baru beberapa yang terhubung langsung dengan NAR,” kata Chief Digital Information Office (DTO) Kemenkes Setiaji kepada Katadata.co.id, Jumat (11/2).

Terkait belum semua laboratorium terhubung NAR, Setiaji menjelaskan, Kemenkes harus memastikan pemrograman antarmuka dari aplikasi (API) telah terintegrasi dengan aman. Selain itu, laboratorium perlu memastikan kemampuan teknisnya untuk terhubung sistem pelaporan tersebut.

Jika API sudah terintegrasi dengan baik maka data yang masuk dari laboratorium bisa berjalan cepat. “Karena laboratorium tinggal memasukkan dari sistem mereka dan otomatis terkirim ke PeduliLindungi,” katanya.

Sedangkan Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dr. Siti Nadia Tarmizi mengatakan saat ini hasil yang didapatkan Kemenkes dari laboratorium masih kerap telat satu sampai dua hari. Oleh sebab itu Nadia meminta laboratorium segera mendaftar ke jejaring NAR.  “Berdasarkan rekomendasi dinas kesehatan setempat,” katanya.

Sebelumnya pengobatan telemedisin untuk pasien Covid-19 mengalami kendala. Tak semua pasien yang hasil pemeriksaannya positif Covid-19 dapat memperoleh obat dari pemerintah dalam waktu cepat. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...