Rasio Kasus Covid Jakarta dan Jabar Saat Ini Lampaui Puncak Delta

Rizky Alika
15 Februari 2022, 20:27
covid-19, jakarta, jawa barat, delta, omicron
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Tenaga kesehatan memindahkan pasien positif Covid-19 ke IGD sebelum dipindahkan ke ruang isolasi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Chasbullah Abdulmadjid, Kota Bekasi, Jawa Barat, Jumat (4/2/2022).

Kasus Covid-19 tengah meningkat di berbagai daerah sejak awal tahun ini. Satuan Tugas Penanganan Covid-19 mencatat rasio kasus mingguan corona di DKI Jakarta dan Jawa Barat terhadap kasus nasional pada pekan lalu lebih tinggi dari puncak varian Delta pertengahan 2021 lalu.

Satgas mencatat, jumlah kasus mingguan Covid-19 di Jakarta saat gelombang Omicron mencapai 82.238 kasus. Angka tersebut menyumbang 28,23% dari total kasus nasional.

Sementara, jumlah kasus saat puncak penularan varian Delta mencapai 83.870 kasus. Dengan demikian, kasus corona di DKI menyumbang 23,94% dari kasus nasional.

"Angka sumbangan di DKI saat ini lebih tinggi dibanding jumlah kasus yang disumbangkan di masa lonjakan kedua," kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito, Selasa (15/2).

Sementara, jumlah kasus mingguan corona di Jawa Barat dan Banten juga telah melebihi puncak Delta. Di Jawa Barat, kasus mingguan corona saat gelombang Omicron mencapai 67.794 kasus atau 23,2% dari kasus nasional. Sementara saat puncak Delta, kasus corona di Jabar sebesar 64.504 orang atau 18,4% dari kasus nasional.

Sedangkan angka kasus positif saat penularan Omicron di Banten mencapai 37.482 atau 12,8% dari kasus nasional. Angka ini meningkat dari 24.781 orang atau 7,07% dari kasus nasional saat penularan varian Delta. Sementara, kasus dan sumbangan kasus di Jawa Timur, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, dan Bali belum melewati puncak Delta.

Untuk itu, Wiku meminta pemerintah daerah untuk mengevaluasi kembali penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di daerah masing-masing. Apalagi, PPKM sudah berlangsung selama beberapa minggu. "Namun kasus masih belum berhasil ditekan," ujar dia.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...