Jokowi: 'Musim Dingin' Pandemi Belum Berakhir, Dunia Masih Terguncang

Rizky Alika
17 Februari 2022, 11:54
jokowi, covid-19, winter is coming
Biro Pers Sekretariat Presiden/Lukas/pras.
Presiden Joko Widodo menyampaikan sambutan saat membuka pertemuan pendahuluan B20 atau B20 Inception Meeting yang digelar secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis (27/1/2022).

Gelombang penularan Covid-19 masih merebak di sejumlah negara, termasuk Indonesia. Presiden Joko Widodo pun mengingatkan bahwa pandemi hingga saat ini belum berakhir.

Jokowi juga menganalogikan pandemi dengan musim dingin berat yang tengah datang. Pidato soal 'winter is coming' ini juga sudah disampaikan pada pertemuan Dana Moneter Internasional Bank Dunia (IMF-WB) pada 2018 dan Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2019.

"Pandemi belum berakhir dan ekonomi dunia masih terguncang," kata Jokowi dalam Pertemuan Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral Negara G20, Kamis (17/2).

Jokowi mengatakan saat ini tidak ada satu negara yang dapat bangkit sendiri lantaran telah terkoneksi satu sama lain. Untuk itu, kebangkitan suatu kawasan akan memberikan dampak serupa pada kawasan lainnya. "Sebaliknya, keruntuhan suatu kawasan akan meruntuhkan kawasan lainnya," ujar dia.

Makanya, Mantan Wali Kota Solo itu meminta anggota G20 untuk bersinergi dalam memulihkan kondisi dunia. Ketidakpastian global pun harus dihadapi dengan sinergi antarnegara.

Kepala Negara juga mengajak dunia internasional untuk bekerja sama dalam mengendalikan inflasi, mengantisipasi kelangkaan dan kenaikan harga pangan, dan kelangkaan kontainer.

Para negara di dunia juga harus mempercepat transisi menuju ekonomi baru dan transformasi digital yang merata. "Serta mendukung kebangkitan UMKM," katanya.

Ia pun berharap, pertemuan Menteri Keuangan dan gubernur bank sentral G20 itu bisa merumuskan kebijakan fiskal dan moneter antarnegara. "Untuk menyelesaikan masalah bersama, permasalahan dunia, harus berkolaborasi menghadapi isu-isu global," katanya.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...