Kasus Covid-19 Mulai Turun, AS Bersiap Longgarkan Prokes Warganya

Namun seseorang yang telah dinyatakan positif serta kontak erat Covid-19 harus tetap memakai masker.
Image title
17 Februari 2022, 18:59
covid-19, prokes, amerika serikat
ANTARA FOTO/REUTERS/Caitlin Ochs/aww/cfo
Warga memakai payung sambil menyebrangi jalan di New York, Amerika Serikat, Selasa (26/10/2021).

Kasus Covid-19 di Amerika Serikat (AS) saat ini mulai menurun. Seiring dengan hal tersebut, Negeri Abang Sam mulai bersiap melonggarkan panduan pemakaian masker.

Direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS Rochelle Walensky mengatakan panduan tersebut akan dikaji berdasarkan basis data dan sains yang mumpuni. Nantinya, panduan tersebut akan segera diumumkan apabila sudah ditetapkan.

"Kami ingin memberi orang istirahat dari hal-hal seperti mengenakan masker," kata Walensky dikutip dari laman Gedung Putih, Kamis (17/2).

Namun ia tetap mengingatkan pentingnya penggunaan masker terlepas dari situasi penularan Covid-19 di komunitas. Masyarakat yang merasa tidak sehat harus menggunakan masker.

Advertisement

Selain itu, seseorang yang telah dinyatakan positif serta kontak erat Covid-19 harus memakai masker.  "Saya tahu bahwa semua orang ingin bergerak melampaui pandemi serta mengubah cara hidup kita selama dua tahun terakhir," ujar dia.

Ia juga memperkirakan Covid-19 bakal menjadi sesuatu yang dapat dicegah dan diobati. Seluruh masyarakat juga berharap Covid-19 tidak akan mengganggu kehidupan sehari-hari. "Saat itu Covid-19 tidak akan menjadi krisis yang konstan," katanya.

Panduan protokol kesehatan akan dilihat berdasarkan capaian vaksinasi, tes Covid-19, dan angka perawatan pasien corona. Selain itu, kapasitas keterisian di rumah sakit juga menjadi pertimbangan CDC.

Sementara itu, koordinator respons virus corona Gedung Putih Jeff Zients mengatakan virus corona akan menjadi sesuatu yang dapat diatasi. “Sebagai hasil dari semua kemajuan ini dan alat yang kita miliki sekarang, kita bergerak ke masa Covid bukanlah krisis tetapi sesuatu yang dapat kita lindungi dan atasi,” kata Zients.

Dengan penurunan varian Omicron, pemerintah dan para pemimpin bisnis telah mendahului CDC dalam melonggarkan pembatasan minggu lalu. Pelonggaran itu termasuk memerintahkan pekerja kembali ke kantor, menghilangkan kewajiban masker, dan tidak lagi memerlukan bukti vaksin untuk masuk ke restoran, bar, arena olahraga, dan hiburan.

Mengutip dari The Guardian, pejabat Philadelphia pada hari Rabu mengatakan kewajiban vaksin untuk restoran akan segera dicabut seiring penurunan kasus harian menjadi 189 orang. Namun, kewajiban memakai masker dalam ruangan tetap berlaku untuk saat ini.

 Sementara di Disney World Florida, para tamu yang divaksinasi tidak lagi harus mengenakan masker mulai Kamis. Tim olahraga profesional termasuk Utah Jazz dan Washington Wizards juga menghentikan kewajiban sertifikat vaksin Covid-19 untuk para penonton.

Adapun, infeksi Covid-19 dan rawat inap telah turun tajam di AS. Data dari Universitas Johns Hopkins menyebutkan, kasus konfirmasi harian turun dari sekitar 453.000 dua minggu lalu menjadi sekitar 136.000 pada Selasa (15/2).

Sementara, rawat inap berada pada tingkat yang mirip dengan September, ketika AS menghadapi gelombang varian Delta. Hampir 65% orang Amerika telah divaksinasi lengkap.

 

Reporter: Rizky Alika
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait