Kasus Covid-19 Mulai Turun, AS Bersiap Longgarkan Prokes Warganya

Rizky Alika
17 Februari 2022, 18:59
covid-19, prokes, amerika serikat
ANTARA FOTO/REUTERS/Caitlin Ochs/aww/cfo
Warga memakai payung sambil menyebrangi jalan di New York, Amerika Serikat, Selasa (26/10/2021).

Kasus Covid-19 di Amerika Serikat (AS) saat ini mulai menurun. Seiring dengan hal tersebut, Negeri Abang Sam mulai bersiap melonggarkan panduan pemakaian masker.

Direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS Rochelle Walensky mengatakan panduan tersebut akan dikaji berdasarkan basis data dan sains yang mumpuni. Nantinya, panduan tersebut akan segera diumumkan apabila sudah ditetapkan.

"Kami ingin memberi orang istirahat dari hal-hal seperti mengenakan masker," kata Walensky dikutip dari laman Gedung Putih, Kamis (17/2).

Namun ia tetap mengingatkan pentingnya penggunaan masker terlepas dari situasi penularan Covid-19 di komunitas. Masyarakat yang merasa tidak sehat harus menggunakan masker.

Selain itu, seseorang yang telah dinyatakan positif serta kontak erat Covid-19 harus memakai masker.  "Saya tahu bahwa semua orang ingin bergerak melampaui pandemi serta mengubah cara hidup kita selama dua tahun terakhir," ujar dia.

Ia juga memperkirakan Covid-19 bakal menjadi sesuatu yang dapat dicegah dan diobati. Seluruh masyarakat juga berharap Covid-19 tidak akan mengganggu kehidupan sehari-hari. "Saat itu Covid-19 tidak akan menjadi krisis yang konstan," katanya.

Panduan protokol kesehatan akan dilihat berdasarkan capaian vaksinasi, tes Covid-19, dan angka perawatan pasien corona. Selain itu, kapasitas keterisian di rumah sakit juga menjadi pertimbangan CDC.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...