Selain Varian Omicron, Penularan Delta Masih Terjadi di Masyarakat

Rizky Alika
18 Februari 2022, 15:44
omicron, delta, covid-19
Pixabay/Alexandra_Koch
Ilustrasi Covid-19 varian Omicron

Penularan varian Omicron tengah merebak di masyarakat hingga saat ini. Namun, Satuan Tugas Penanganan Covid-19 mengingatkan varian Delta juga masih beredar di komunitas.

Berdasarkan pemeriksaan secara acak hingga 16 Februari, pemerintah masih menemukan Covid-19 sub varian Delta, yaitu AY.4.2. Anak varian ini ditemukan di berbagai kota. 

"Masih ada Delta yang sirkulating di masyarakat, di samping Omicron," kata Kepala Bidang Penanganan Kesehatan Satgas Covid-19 Alexander K. Ginting pada webinar Katadata Google News Inititative bertajuk "Strategi Hadapi Gelombang Ketiga Pandemi", Jumat (18/2).

Alexander mengatakan cakupan varian Delta jauh lebih luas dari varian Omicron dan masih terus berkembang. Untuk itu, ia meminta masyarakat yang tertular corona untuk tidak memperdebatkan varian Delta atau Omicron.

Masyarakat juga tidak perlu menanyakan laboratorium untuk mengetahui varian yang berada di tubuhnya. Ia memastikan, informasi terkait varian Covid-19 menjadi kepentingan praktisi kesehatan dan pengambil kebijakan. "Apapun variannya, itu Covid-19," kata Alex.

Alexander mengatakan varian apapun tetap dicegah dengan penerapan protokol kesehatan berupa memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. Selain itu,  varian Covid-19 apapun memiliki sifat yang mudah menular, replikasi, dan bermutasi.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...