Pertamina dan ExxonMobil Mulai Tahap Awal Proyek Pengurangan Karbon

Image title
21 Februari 2022, 21:44
pertamina, exxonmobile, karbon
Katadata
Kantor Pusat Pertamina

PT Pertamina (Persero) saat ini tengah mengembangkan teknologi yang mampu mereduksi emisi karbon. Salah satunya adalah Carbon Capture and Storage (CCS) dan Carbon Capture, Utilization and Storage (CCUS) yang dikembangkan bersama ExxonMobil di lapangan migasnya.

Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman menjelaskan sejak penandatanganan kerja sama ddengan ExxonMobil pada November 2021 lalu, pihaknya terus melakukan langkah sesuai tahapan yang telah direncanakan.

"Pertamina berkomitmen penuh untuk mempercepat transisi energi dengan 8 inisiatif strategis, salah satunya dengan pengembangan Carbon Capture & Storage Utilization," ujar Fajriyah kepada Katadata.co.id, Senin (21/2).

Untuk tahapan saat ini, Pertamina tengah melakukan pemetaan dan evaluasi potensi reservoir bersama ExxonMobil untuk digunakan sebagai tempat penyimpanan CO2. Hasil pemetaan tersebut nantinya akan dilanjutkan dengan kesepakatan bersamat pengembangan CO2 injection di lapangan yang terpilih. "Serta studi potensi pengembangan skema hubs and cluster," kata dia.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto sebelumnya berharap agar Pertamina dan ExxonMobil dapat segera mempercepat pengembangan prototipe CCS/CCUS di Indonesia. Apalagi hal ini telah dilakukan Australia dan diharapkan Indonesia dapat cepat meniru dengan harga yang lebih terjangkau.

"Di mana untuk tipe di Australia harganya masih tinggi yaitu US$ 100 per ton. Namun dengan teknologi baru yaitu pencampuran hidrogen dan ammonia, maka biaya CCS/CCUS bisa ditekan ke US$ 25 per ton,” kata Airlangga.

Dengan pengembangan teknologi semacam ini, Airlangga optimistis roadmap transisi energi dapat tercapai dalam waktu singkat. Presiden Joko Widodo juga telah mengesahkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 98 Tahun 2021 tentang Nilai Ekonomi Karbon (NEK).

Pengesahan ini disampaikan oleh Presiden dalam pertemuan Conference of the Parties (COP) 26 United Nations Framework Convention on Climate Change (UNFCCC) di Glasgow, UK. 

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...