Gestur Mesra Jokowi ke Surya Paloh saat Resmikan Nasdem Tower

Jokowi sempat menyebut fasilitas Nasdem Tower lebih baik dari gedung milik parpol di AS dan Cina
Ameidyo Daud Nasution
22 Februari 2022, 19:20
jokowi, surya paloh, nasdem
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/hp.
Presiden Joko Widodo (kanan) didampingi Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh (kiri) menandatangani prasasti dalam peresmian gedung Nasdem Tower di Menteng, Jakarta, Selasa (22/2/2022). Selain sebagai kantor pusat Partai Nasdem, gedung setinggi 23 lantai dengan luas 30.000 meter persegi tersebut difasilitasi dengan ballroom, ruang siber dan digitalilasi, serta perpustakaan.

Presiden Joko Widodo hadir dalam peresmian Nasdem Tower yang akan digunakan sebagai Kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Nasdem. Dalam acara tersebut, Jokowi melontarkan keakrabannya dengan Ketua Umum Nasdem Surya Paloh.

Saat mengawali pidatonya, Jokowi sempat mengatakan Surya sebagai kakak sekaligus sahabat. Ia juga mengaku kerap berkonsultasi dengan pemilik Media Grup itu. “Beliau juga sering curhat ke saya,” kata Jokowi di Nasdem Tower, Jakarta, Selasa (22/2).

 

Sebelum berpidato, Surya bahkan sempat menunjukkan sejumlah fasilitas Nasdem Tower kepada Jokowi. Beberapa di antaranya Galeri Kebangsaan serta war room yang menyajikan data apapun secara real time.

Advertisement

Bahkan Jokowi sempat memuji kecanggihan kantor baru Nasdem ini kepada Surya. Presiden membandingkan fasilitas yang ada lebih canggih ketimbang milik partai lain di luar negeri.

“Saya bisik-bisik ke abang saya, kalau dibandingkan kantor Partai Republik dan Demokrat di Amerika Serikat atau kantor Partai Komunis Cina (PKC), jauh lebih baik kantor Nasdem,” kata Presiden.

Usai acara, Jokowi sempat melontarkan lagi keakrabannya dengan Surya Paloh di hadapan awak media. Saat ditanya apakah keduanya membahas kontestasi politik 2024, mantan Wali Kota Solo itu menjawab singkat.

“Saya dengan bang Surya, abang saya, dari dulu sudah romantis,” kata Jokowi.

PERESMIAN NASDEM TOWER
PERESMIAN NASDEM TOWER (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra./hp.)

 

Sedangkan Surya berterima kasih atas kedatangan Jokowi ke fasilitas terbaru milik Nasdem tersebut. Ia menjelaskan, Nasdem Tower ini merupakan bentuk kesungguhan agar partai politik tak terkesan hanya hadir saat pemilihan umum.

"Gedung ini Insya Allah menjadi role model bagaimana partai di era modern mampu tetap berada di tengah masyarakat," katanya.

Hubungan Surya dengan koalisi Jokowi Ma'ruf Amin dalam beberapa tahun terakhir sempat diwarnai pasang surut. Hubungannya dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dikabarkan sempat merenggang usai Pemilu 2019. 

Salah satu momen yang sempat ramai adalah ketika Megawati terlihat tak menyalami Surya saat pelantikan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) awal Oktober lalu. Meski demikian Surya dalam beberapa kesempatan mengatakan Megawati adalah sahabat sejatinya. 

“Megawati, dia lah sahabat sejati Nasdem,” kata Surya pada Hari Ulang Tahun Nasdem 11 Oktober 2019 lalu. Surya juga menyebut Megawati merupakan sosok yang ia sayangi.

 

 

Reporter: Rizky Alika
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait