Kemenkes Kaji Pemberian Vaksin Covid-19 Booster Dosis Keempat

Rizky Alika
23 Februari 2022, 19:04
booster, vaksin, covid-19
ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/foc.
Vaksinator menyuntikkan vaksin COVID-19 dosis ketiga kepada seorang penumpang bus saat vaksinasi presisi serentak di Terminal Mengwi, Badung, Bali, Selasa (22/2/2022).

Pemerintah tengah menjalankan program vaksinasi Covid-19 dosis ketiga atau booster. Kementerian Kesehatan juga tengah mengkaji kemungkinan vaksin corona dosis keempat.

Namun Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes Siti Nadia Tarmizi belum bisa memastikan kans pemberian dosis keempat tersebut. "Masih dibahas dulu sama para ahli," kata Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi kepada Katadata.co.id, Rabu (23/2).

Ide booster keempat ini awalnya terlontar dari Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Herbuwono dalam acara daring yang digelar Kemenkes siang tadi. Namun hal tersebut akan dilakukan jika ada bukti ilmiah yang memadai.

Sebagai informasi, sejumlah negara telah melakukan vaksinasi corona dosis keempat. Mengutip dari CNN pada Rabu (23/2), Israel menjadi negara pertama yang mengumumkan pemberian suntikan keempat kepada lansia, tenaga medis, dan pasien gangguan imun pada Desember lalu. 

Swedia juga telah mengumumkan rekomendasi suntikan dosis keempat untuk usia 80 tahun ke atas. Sementara, Korea Selatan telah berencana memberikan dosis keempat untuk kelompok dengan risiko tinggi pada bulan ini.

Sedangkan, Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (US FDA) masih terus mengkaji data Covid-19 dan variannya. "Ini untuk mengevaluasi potensi utilitas dan komposisi dosis penguat," kata Juru Bicara FDA Alison Hunt.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...