15 Provinsi Laporkan Tren Penurunan Covid-19, Ini Daftarnya

Ameidyo Daud Nasution
4 Maret 2022, 19:19
covid-19, corona,
ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar/rwa.
Anggota Satlantas Polres Karawang membantu memakaikan masker kepada seorang anak saat Operasi Keselamatan Lodaya 2022 di Karawang, Jawa Barat, Selasa (1/3/2022).

Kasus Covid-19 di Indonesia terus mengalami penurunan. Bahkan dari laporan Kementerian Kesehatan, hingga 2 Februari lalu terdapat 15 provinsi yang melaporkan tren penurunan corona.

Daerah tersebut terdiri dari DKI Jakarta, Jawa Barat, Bali, Banten, Jawa timur, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Maluku, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Sumatera Selatan, Sulawesi Tenggara, Papua Barat, dan Papua.

Selain itu Kemenkes juga melaporkan adanya delapan provinsi dengan tren penularan mulai melandai. Kedelapan daerah itu adalah Jawa Tengah, Kalimantan Timur, Maluku Utara, Kepulauan Riau, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, dan Lampung.

Meski demikian, ada pula 11 provinsi yang menunjukkan tren kenaikan kasus positif Covid-19. Provinsi tersebut adalah DI Yogyakarta, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Tengah, Riau, Aceh, Jambi, Bangka Belitung, Gorontalo, dan Sulawesi Barat.

Selain itu angka perawatan pasien di rumah sakit secara nasional dan Jawa serta Bali juga menunjukkan penurunan. Hingga 2 Maret lalu, jumlah pasien yang dirawat di DKI Jakarta mencapai 4.862 orang, turun dari 10.147 saat puncak penularan Omicron bulan lalu.

Begitu pula angka pasien di Bali yang dirawat di rumah sakit juga menurun hingga tinggal 308 dua hari lalu. Secara nasional, angka pasien yang dirawat di rumah sakit saat ini mencapai 40.920 orang, turun dari saat puncak Omicron yakni 64.718 orang.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...