50% Pasien Covid-19 Meninggal Lansia dan Sakit Diabetes hingga Ginjal

Rizky Alika
7 Maret 2022, 19:43
covid-19, kematian, corona
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/hp.
Pekerja membuat lubang makam untuk jenazah kasus COVID-19 di TPU khusus COVID-19 di Jombang, Tangerang Selatan, Banten, Rabu (23/2/2022).

Kasus kematian pada pasien Covid-19 masih terus bertambah meski trennya menurun. Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono mengatakan, sebanyak 50% pasien yang meninggal di rumah sakit merupakan lanjut usia (lansia) dengan komorbid berat.

"Separuh yang meninggal dengan komorbid itu ialah lansia dan belum vaksin lengkap," kata Dante dalam konferensi pers daring, Senin (7/3).

Dari hasil audit kematian di rumah sakit, mayoritas kematian merupakan lansia dengan komorbid diabetes, hipertensi dan gagal ginjal. Untuk itu, pemerintah akan mendorong vaksinasi dosis lengkap kepada lansia.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan pada 7 Maret pukul 18.00 WIB, vaksinasi dosis pertama pada lansia baru mencapai 16,42 juta orang atau 76,21% dari target 21,5 juta orang.

Sementara, vaksinasi dosis kedua pada lansia sebanyak 12,13 juta orang atau 56,3% dari target. Sedangkan, lansia yang sudah menerima vaksin booster sebanyak 1,6 juta orang atau 7,43%.

Sebelumnya, pemerintah sedang gencar memberikan vaksinasi dosis booster Covid-19 kepada masyarakat lansia. Bahkan Kementerian Kesehatan telah mengatur agar lansia bisa mendapatkan booster usai tiga bulan menerima vaksin dosis lengkap.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...