Istana: Sikap Jokowi Sudah Jelas Soal Pemilu, Jangan Dikembangkan Lagi

Rizky Alika
7 Maret 2022, 21:35
jokowi, pemilu, 2024, tunda pemilu
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/hp.
Presiden Joko Widodo menyampaikan paparan tentang pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di sela peresmian gedung Nasdem Tower di Jakarta, Selasa (22/2/2022).

Presiden Joko Widodo merespons wacana penundaan Pemilu 2024 dengan sikap yang berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Staf Khusus Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Faldo Maldini pun memastikan sikap Kepala Negara terhadap wacana penundaan pemilu sudah jelas.

Ia meminta berbagai pihak untuk tidak berimajinasi secara sepihak. Ini karena Jokowi sudah menyampaikan pernyataannya terkait perpanjangan masa jabatan presiden.

"Saya kira tidak perlu dikembang-kembangkan lagi. Presiden sudah jelas bersikap," kata Faldo dalam pesan singkat, Senin (7/3). "Statement Presiden sudah diucapkan, berarti sudah dapat dipahami. Tidak usah otak-atik gatuk," ujarnya.

Faldo memastikan, pemerintahan digelar dalam konstruksi kenegaraan. Untuk itu, masyarakat diminta tidak menilai sikap Jokowi berdasarkan keinginan para elit politik.

"Jadi, ini harus dilihat dalam kerangka kenegaraan. Jangan maunya Presiden, inginnya begini dan begitu dari elit-elit," katanya.

Isu penundaan pemilu 2024 sudah pernah muncul pada 2019 lalu. Saat itu, Jokowi menolak perpanjangan masa jabatannya yang akan berakhir 2024 mendatang.

Ia sempat mengatakan, ada tiga maksud dari pihak-pihak yang melemparkan wacana masa jabatan Presiden menjadi tiga periode. Pertama, pihak tersebut bermaksud menampar mukanya. Kedua, pihak tersebut ingin mencari muka di depan Jokowi.

“Yang ketiga, ingin menjerumuskan,” kata Presiden pada 12 Desember 2019 silam.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...