Kepala Otorita IKN: Perlu 20 Tahun Untuk Bangun Kota dengan Baik

Rizky Alika
10 Maret 2022, 18:57
ikn, ibu kota baru, kota
Antara
Kepala Badan Otorita IKN Bambang Susantono dan Wakil Kepala Badan Otorita IKN Dhony Rahajoe di Istana Negara, Jakarta, Kamis (10/3). Foto: Antara

Bambang Susantono telah resmi dilantik menjadi Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN). Usai pelantikan, Bambang mengatakan perlu waktu selama belasan hingga puluhan tahun untuk membangun kota yang baik.

Dengan demikian, sebuah kota akan memiliki roh atau soul of the city. Untuk itu, ia memastikan Otorita IKN tidak hanya membangun kota secara fisik, namun juga menciptakan kerekatan sosial hingga interaksi antarwarga.

"Untuk membangun kota dengan baik tentu memerlukan waktu 15-20 tahun biasanya," kata Bambang di Istana Negara, Jakarta, Kamis (10/3). Kota Nusantara juga diharapkan menjadi kota yang inklusif, hijau, cerdas, dan berkelanjutan.

Adapun, Presiden Joko Widodo meminta Otorita IKN dapat menjadi kota yang mencerminkan Indonesia di masa depan. Untuk itu, lembaga baru tersebut akan berusaha mewujudkan Nusantara sebagai kota yang memanfaatkan digitalisasi serta membangun kedekatan sosial pada masyarakat.

"Tetap ini kota yang harus humanis, harus mengedepankan interaksi kerekatan sosial, kohesivitas antarwarga," katanya.

Bambang juga akan menghubungi kementerian/lembaga yang ikut terlibat dalam pembangunan kota tersebut. Salah satunya, Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas) yang sudah mengkaji IKN sejak 2017 lalu.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...