Jokowi Jelaskan Makna Kumpulkan Tanah dan Air dari 34 Provinsi di IKN

Rizky Alika
14 Maret 2022, 11:08
jokowi, ikn, ibu kota
Setpres
Presiden Joko Widodo bersama Gubernur Jabar Ridwan Kamil menuangkan tanah dan air di titik nol IKN, Kalimantan Timur, Senin (14/3). Foto: Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

Presiden Joko Widodo melakukan prosesi penyatuan tanah dan air Nusantara di titik nol kilometer Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur pada Senin (14/3). Kepala Negara mengatakan, prosesi tersebut menggambarkan ragam perbedaan dan persatuan di Indonesia.

Prosesi tersebut dilakukan untuk mengawali pembangunan IKN. Dalam kesempatan itu, Jokowi turut didampingi oleh 34 gubernur atau perwakilan gubernur dari 34 provinsi serta 15 tokoh masyarakat Kalimantan Timur.

"Ini bentuk kebhinnekaan kita dan persatuan yang kuat di antara kita," kata Jokowi saat prosesi penyatuan tanah dan air, Penajam Paser Utara, Senin (14/3).

 Kepala Negara mengatakan pembangunan IKN menjadi cita-cita dan pekerjaan besar Indonesia. Oleh sebab itu diperlukan kolaborasi antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, TNI, Polri, pihak swasta, dan masyarakat akan mendukung terwujudnya cita-cita tersebut.

Pada kesempatan itu, Jokowi juga mengapresiasi dukungan dari Majelis Permusyawaratan Rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, Mahkamah Agung, Mahkamah Konstitusi, Badan Pemeriksa Keuangan, Komisi Yudisial, dan seluruh komponen masyarakat.

Adapun, prosesi diawali dengan sambutan oleh Sultan Kutai Kertanegara ing Martapura yang ke-XII Adji Muhammad Arifin kepada Jokowi dan Ibu Negara Iriana. Kepala Negara pun melakukan adat tepung tawar untuk melindungi dan membersihkan serta permohonan dijauhkan dari marabahaya.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...