Makna Logo Halal Baru Kemenag yang Jadi Gunjingan Warganet

Ameidyo Daud Nasution
14 Maret 2022, 17:00
halal, kemenag, logo halal
Antara
Logo baru halal yang diluncurkan Kementerian Agama. Foto: Antara

Label baru halal yang dibuat Kementerian Agama mendadak menjadi ramai. Hal ini lantaran bentuk logo tersebut dianggap tak sesuai dengan lambang serupa di negara lain hingga hanya merepresentasikan budaya tertentu.

Label halal yang terbaru saat ini berbentuk mengadopsi gunungan pada wayang. Meski demikian, warganet beranggapan logo halal yang baik seharusnya mudah dibaca dan diaplikasikan ke dalam berbagai kemasan.

“Logo halal terbaru versi Kemenag. Satu kata: Maksa,” kata warganet dengan nama akun @j*lu**me dalam cuitannya, Sabtu (12/3).

Bahkan warganet lainnya yang Bernama @P**jo**rajo juga mengunggah alternatif logo halal lain. Beberapa logo alternatif menyerupai perahu layar hingga rumah gadang.

Adapun Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia Anwar Abbas mengatakan mengkritik ketiadaan kata MUI serta mengedepankan seni dalam logo tersebut. Ia khawatir masyarakat tak mengetahui tulisan halal yang sebenarnya jika menggunakan label baru itu.

Sedangkan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kemenag mengatakan label halal saat ini mengadaptasi filosofi yang lebih Indonesia. Huruf Arab penyusun kata ‘halal' terdiri atas ha, lam alif, dan lam dan disusun menyerupai gunungan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...