Jokowi Resmikan Pabrik Hyundai dan Mobil Listrik Pertama Buatan RI

Rizky Alika
16 Maret 2022, 15:25
jokowi, hyundai, mobil listrik
Setpres
Presiden Joko Widodo saat meresmikan Pabrik baru Hyundai Indonesia di Cikarang, Jawa Barat, Rabu (16/3). Foto: Tangkapan layar Youtube Seketariat Presiden

Presiden Joko Widodo meluncurkan mobil listrik pertama buatan Indonesia yaitu Ioniq 5. Mobil listrik tersebut merupakan produksi PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia.

Dalam kesempatan itu, Jokowi turut meresmikan pabrik Hyundai Motor Manufacturing Indonesia. Menurutnya, mobil tersebut akan menjadi batu loncatan dalam pengembangan kendaraan listrik di Indonesia.

"Mobil ini menjadi mobil listrik pertama yang dibuat di Indonesia yang diproduksi untuk memenuhi pasar Indonesia maupun pasar ekspor," kata Jokowi di Bekasi, Rabu (16/3).

Momen ini merupakan salah satu yang ditunggu Jokowi lantaran Indonesia tengah transisi dari bahan bakar fosil ke energi listrik secara besar-besaran. Kepala Negara pun berharap, kendaraan listrik menjadi moda transportasi utama.  Selain itu, mobil listrik diharapkan bisa menjadi tumpuan di ibu kota negara Nusantara.

Mantan Wali Kota Solo itu juga berharap, Indonesia menjadi pemain penting dalam rantai pasok industri mobil listrik global. Ini karena RI memiliki berbagai sumber daya mineral yang mendukung pengembangan mobil listrik.

Ioniq
Ioniq (Sekretariat Presiden)

Beberapa komoditas mineral itu seperti nikel dan kobalt sebagai material untuk baterai lithium. Kemudian, ada pula bauksit yang bisa diolah menjadi aluminium untuk digunakan sebagai kerangka mobil listrik.

"Serta tembaga yang dibutuhkan untuk baterai dan sistem kabel di mobil listrik," ujar dia.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...