Presiden Mesir Undang Jokowi Hadiri KTT Perubahan Iklim

Rizky Alika
18 Maret 2022, 14:55
jokowi, mesir, perubahan iklim
Antara
Presiden Joko Widodo saat menerima Menlu Mesir Sameh Shoukry di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (18/3). Foto: Antara

Presiden Joko Widodo menerima kunjungan kehormatan Menteri Luar Negeri Mesir Sameh Shoukry di Istana Merdeka, Jakarta, pada Jumat (18/3). Dalam pertemuan tersebut, Shoukry menyampaikan undangan Presiden Abdel Fattah El-Sisi kepada Jokowi untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Perubahan Iklim atau COP27.

"Pertemuan COP27 akan dilakukan di Mesir pada November tahun ini," kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi usai mendampingi Jokowi di Jakarta, Jumat (18/3).

 Dalam kesempatan itu, Jokowi dan Shoukry juga membahas upaya peningkatan kerja sama ekonomi, termasuk perdagangan dan investasi. Retno mengatakan, angka perdagangan kedua negara cukup bagus meskipun di tengah pandemi.

Pada tahun lalu, perdagangan Indonesia dan Mesir mengalami kenaikan 57,6% mencapai US$ 1,86 miliar atau setara Rp 26,6 triliun. Jokowi juga menyampaikan pentingnya kedua belah pihak untuk terus bekerja bersama meningkatkan investasi di kedua negara.

Di samping itu, Kepala Negara menyampaikan kerja sama di bidang pendidikan karena banyak mahasiswa Indonesia yang belajar di Mesir. Jokowi pun menitipkan para mahasiswa tersebut kepada pemerintah Mesir.

"Bapak Presiden juga menyampaikan permintaan akses yang lebih luas, termasuk untuk bidang pelayanan kesehatan bagi para mahasiswa kita," ujar Retno.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...