Pertamina Promosi Potensi Energi Terbarukan Indonesia di Dubai Expo

Muhamad Fajar Riyandanu
19 Maret 2022, 08:53
pertamina, energi hijau, dubai expo
Pertamina Geothermal Energy
Area panas bumi Lahendong Pertamina Geothermal Energy.

PT Pertamina (Persero) hadir di Dubai Expo untuk mempromosikan pemanfaatan energi terbarukan di Indonesia. Lewat ajang ini, perusahaan minyak pelat merah itu ingin menggandeng investor yang peduli terhadap energi baru dan terbarukan (EBT).

Adapun Dubai Expo merupakan ajang untuk mempromosikan seluruh potensi perdagangan, peluang investasi, dan pariwisata. Ahmad Yuniarto, President Director of Pertamina Geothermal Energy, mengatakan ajang ini menjadi kesempatan untuk memperluas jaringan internasional untuk transisi energi. 

Advertisement

“Melalui kerja kemitraan yang saling menguntungkan dan menciptakan nilai lebih lanjut bagi dunia,” kata Yuniarto saat menjadi pembicara di webinar Indonesia’s Pertamina Sets Initiatives for Accelerating Energy Transition to Become a Global Energy Champion, Jumat (18/3), malam.

Pertamina terus berkomitmen untuk mengembangkan EBT, salah satunya dengan mengoptimalkan energi panas bumi. Sebagai wilayah yang berada di area ‘cincin api’, saat ini Indonesia memiliki 13 wilayah kerja energi panas bumi dengan total kapasitas 1.877 megawatt.

Panas bumi merupakan salah satu sumber energi hijau terbesar di Indonesia yang mampu diubah menjadi listik yang bersih. Selain itu, di sekitar wilayah kerja energi panas bumi dapat dimanfaatkan sebagai lokasi wisata hijau dan wisata industri hijau. “Panas bumi adalah sumber energi yang stabil dan kita punya kapasitas yang besar,” kata Yuniarto.

Senior Vice President Strategy and Investment Pertamina, Daniel Purba, mengatakan kebijakan keberlanjutan yang diambil Pertamina merupakan ambisi untuk menjadi perusahaan energi global terkemuka. Dalam lima tahun ke depan, Pertamina mengalokasikan 14 % dari total belanja modal untuk energi bersih.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement