Jokowi: Perekonomian RI Terus Bergerak karena Tak Pernah Lockdown

Rizky Alika
22 Maret 2022, 11:26
jokowi, lockdown, pertumbuhan ekonomi
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/hp.
Presiden Joko Widodo memberikan arahan saat groundbreaking proyek hilirisasi batu bara menjadi Dimetil Eter (DME) di Kawasan Industri Tanjung Enim, Tanjung Lalang, Tanjung Agung, Muara Enim, Sumatera Selatan, Senin (24/1/2022).

Pemerintah berupaya menjaga keseimbangan kebijakan antara pemulihan ekonomi dan pengendalian Covid-19. Presiden Joko Widodo mengatakan, perekonomian Indonesia terus bergerak lantaran tidak ada pembatasan aktivitas dengan ketat.

Selain itu Indonesia juga menjadi salah satu negara yang berhasil menangani pandemi Covid-19.  Untuk itu, RI memiliki pondasi perekonomian yang semakin baik pada tahun ini.

"Perekonomian kita sepanjang tahun 2020-2021 juga terus bergerak, tidak pernah berhenti. Salah satunya karena tidak pernah lockdown," kata Jokowi dalam acara Economic Outlook 2022, Istana Kepresidenan Bogor, Selasa (22/3).

 Meski begitu, Mantan Wali Kota Solo itu mengingatkan Indonesia masih menghadapi tantangan dan ketidakpastian global yang semakin meningkat pada 2022 ini. Apalagi, pandemi belum juga benar-benar berakhir.

Di sisi lain, perekonomian dunia masih belum pulih. Bahkan, kelangkaan energi, pangan, kontainer, serta inflasi yang tinggi terjadi di banyak negara di belahan dunia.

Belum lagi pada saat dunia mulai memulihkan perekonomian, perang antara Rusia dan Ukraina terjadi. Presiden menilai, konflik tersebut akan memperdalam krisis perekonomian dunia serta meningkatkan ketegangan politik global.  "Perang yang membuat pusing semua negara," katanya.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...