Jokowi Resmikan Stasiun Fast Charging Mobil Listrik Pertama Indonesia

Rizky Alika
25 Maret 2022, 14:36
mobil listrik, jokowi, spklu, pln
ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/aww.
Presiden Joko Widodo menghadiri acara peresmian Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) Ultra Fast Charging di Central Parking Nusa Dua, Badung, Bali, Jumat (25/3/2022). Presiden Jokowi meresmikan SPKLU Ultra Fast Charging 200 kW pertama di Indonesia yang disiapkan untuk mengisi daya kendaraan listrik saat Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali.

Pemerintah berkomitmen mengurangi emisi karbondioksida (CO2) dengan beralih ke kendaraan listrik. Presiden Joko Widodo pun meluncurkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) ultra fast charging  pertama di Indonesia.

SPKLU tersebut berada di Bali dan akan digunakan dalam acara G20. "Ini memiliki berbagai keunggulan. Pengisian dayanya sangat cepat, kurang dari 30 menit untuk satu kendaraan," kata Jokowi saat meresmikan SPKLU Ultra Fast Charging di Bali, Jumat (25/3).

 Selain itu, SPKLU tersebut mampu mendistribusikan beban secara dinamis. Dengan demikian, pengisian daya dua mobil listrik secara bersamaan dapat dilakukan dengan cepat.

Menurutnya, kendaraan listrik menjadi desain besar dalam transisi energi fosil ke energi baru terbarukan. Dengan demikian, ketergantungan tehadap Bahan Bakar Minyak (BBM) dan energi fosil bisa ditekan.

Selain itu, pengalihan energi tersebut bisa menekan defisit Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) hingga memperbaiki neraca perdagangan dan neraca pembayaran Indonesia. "Kita tahu semuanya (BBM dan energi fosil) masih impor," ujar dia.

Adapun, ajang G20 menjadi momentum bagi Indonesia untuk menunjukkan perkembangan ekosistem kendaran listrik di dalam negeri. Guna mendukung acara internasional tersebut, PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) (Persero) turut menyiapkan 60 SPKLU Ultra Fast Charging 200 kilowatt dan 150 fasilitas home charging.

Selain itu, Indonesia juga menyiapkan industri baterai kendaraan listrik dan komponen lainnya. Hal ini untuk menunjukkan kepada negara anggota G20 bahwa ekosistem kendaraan listrik di Indonesia tumbuh dengan cepat.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...