Menkes Bakal Bantu Selesaikan Konflik Terawan dengan IDI

Rizky Alika
28 Maret 2022, 15:59
terawan, kesehatan, dokter, IDI
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/YU
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyampaikan paparannya dalam rapat kerja bersama Komisi IX di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (23/3/2022).

 Terawan Agus Putranto saat ini telah dipecat permanen dari keanggotaan Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Merespons polemik tersebut, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin akan turun tangan untuk membantu penyelesaian konflik tersebut.

"Kementerian Kesehatan akan memulai dan membantu proses mediasi antara IDI dan anggota-anggotanya," kata Budi dalam konferensi pers daring, Senin (28/3).

Advertisement

Budi memahami setiap organisasi profesi mengatur Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) dan keanggotaan masing-masing. Ia juga memahami adanya Undang-Undang Nomor 29 Tahun 2004 tentang Praktik Kedokteran yang memberikan amanah kepada IDI sebagai organiasi untuk melakukan pembinaan dan pengawasan kepada anggotanya.

Namun, mediasi akan dilakukan agar komunikasi antara IDI dan anggotanya dapat berjalan dengan baik. Dengan demikian, situasi penanganan pandemi akan menjadi kondusif.

Mantan Direktur Utama Bank Mandiri itu berharap, seluruh pihak bisa kembali menyalurkan waktu dan tenaga untuk memprioritaskan pembangunan kesehatan masyarakat. Apalagi, Indonesia mempunyai populasi besar sebanyak 270 juta penduduk.

Untuk itu, masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan bersama selain menangani pandemi Covid-19. "Kita harus berpikir, mengerahkan energi agar membuat masyarakat sehat," kata Budi.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement