Posisi Danjen Ganti 3 Kali dalam 4 Bulan, Brigjen Iwan Pimpin Kopassus

Ameidyo Daud Nasution
29 Maret 2022, 22:18
kopassus, tni, angkatan darat
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/foc.
Prajurit Kopassus TNI AD mengikuti Apel Kesiapsiagaan Bencana di Mako Kopassus, Cijantung, Jakarta Timur, Kamis (17/12/2020).

Mutasi terjadi di tubuh Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat (AD). Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa menunjuk Brigjen TNI Iwan Setiawan untuk menjadi Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (Kopassus) menggantikan Mayjen TNI Widi Prasetijono.

Pergantian tersebut termaktub dalam Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/271/III/2022. Iwan sebelumnya adalah Wakil Asisten Latihan Kepala Staf Angkatan Darat (Waaslat Kasad) Bidang Kerja Sama Militer.

“Hal tersebut wajar karena perlu regenerasi dan pola pembinaan karier prajurit TNI AD,” kata Kepala Dinas Penerangan TNI AD Brigjen TNI Tatang Subarna di Jakarta, Selasa (29/3).

 Adapun Widi menjadi Panglima Daerah Militer (Pangdam) IV/Diponegoro menggantikan Mayjen Rudianto. Adapun Rudianto ditunjuk menjabat Inspektur Jenderal TNI Angkatan Darat (Irjenad).

Dengan pergantian ini, berarti dalam empat bulan terakhir posisi Danjen Kopassus telah bergeser sebanyak tiga kali. Sebelumnya Mayjen Mohamad Hasan digantikan Mayjen Teguh Muji Angkasa sebelum nama terakhir diganti Mayjen Widi.

Meski demikian, Tatang mengatakan rotasi tersebut merupakan hal yang biasa. Adapun total saat ini ada 113 perwira tinggi yang mengalami mutasi, rotasi, hingga promosi.

Jabatan lainnya yang berganti posisi adalah Wakil Gubernur Lemhannas, Wakil Kepala BAIS, Wakil Kepala Pusat Kesehatan TNI, dan Wairjen TNI. Sejumlah jabatan lain yang bergeser adalah pejabat di Badan Intelijen Negara (BIN) serta Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...