Atasi Antrean, Satgas Buka Tes PCR di Luar Bandara Soekarno-Hatta

Rizky Alika
29 Maret 2022, 20:33
pcr, satgas, soetta, bandara
ANTARA FOTO/Fauzan/rwa.
Calon penumpang pesawat internasional mengantre di loket lapor diri di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (1/3/2022).

Peniadaan karantina berdampak pada penumpukan pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) yang mengantre tes Polymerase Chain Reaction (PCR) di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang. Mengatasi permasalahan tersebut, Satgas Penanganan Covid-19 membuka opsi tes di lokasi lain.

Pekerja migran nantinya bisa tes PCR di Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet. Selain itu, PPLN lainnya dapat mengambil tes di hotel tujuan masing-masing.

"Pemerintah juga memberikan lokasi lain untuk tes demi mengurangi kerumunan," kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito dalam konferensi pers, Selasa (29/3).

Pemerintah juga akan menambah fasilitas PCR di pintu kedatangan bandara yang akan diawasi langsung oleh Satgas Penanganan Covid-19 pusat. Tak hanya itu, akan disediakan pula tambahan gerai untuk memudahkan sistem pembayaran PCR.

Kemudian, Satgas akan memodifikasi waktu kedatangan dan terminal tujuan PPLN. "Khususnya di terminal Soekarno Hatta Cengkareng," ujar dia.

Satgas juga akan berusaha membuat mekanisme kedatangan PPLN yang efektif agar pelaku perjalanan tetap aman dan nyaman. Selain itu, pemerintah juga sudah melakukan evaluasi. "(Pemerintah) dengan segera melakukan koordinasi lintas kementerian/lembaga," kata Wiku.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...