Diteriaki 3 Periode saat Blusukan, Jokowi: Harus Patuh Konstitusi

Rizky Alika
30 Maret 2022, 17:44
jokowi, tiga periode, pemilu
Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo saat kunjungan kerja ke Candi Borobudur, Jawa Tengah, Rabu (30/3). Foto: Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden

Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke Yogyakarta dan Jawa Tengah pada Rabu (30/3). Dari Bandara Internasional Yogyakarta hingga ke pasar di Jawa Tengah, Kepala Negara diteriaki untuk menjabat tiga periode.

Jokowi mengatakan dirinya kerap mendengar adanya suara yang mendorongnya untuk memperpanjang masa jabatan. Namun, mantan Wali Kota Solo itu mengatakan dirinya tetap harus taat konstitusi.

"Tetapi yang jelas, konstitusi kita sudah jelas. Kita harus taat dan patuh terhadap konstitusi," kata Jokowi menjawab pertanyaan awak media di Candi Borobudur, Magelang, Rabu (30/3).

Sebelumnya, polemik mengenai perpanjangan masa jabatan Jokowi terus bergulir. Elite politik, termasuk beberapa menteri Kabinet Indonesia Maju, mengusulkan perpanjangan masa jabatan Presiden Joko Widodo.

Beragam alasan disampaikan. Mulai dari pandemi Covid-19 yang masih berlangsung, pemulihan ekonomi, hingga anggaran Pemilu yang dinilai kelewat besar.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...