Jokowi Terima PM Papua Nugini, Bahas Listrik hingga Buka Rute Pesawat

Rizky Alika
31 Maret 2022, 14:15
jokowi, papua nugini, perdagangan, listrik, pesawat
Antara
Presiden Joko Widodo menerima kunjungan resmi Perdana Menteri (PM) Papua Nugini James Marape di Istana Kepresidenan Bogor, Kamis (31/3). Foto: Antara

Presiden Joko Widodo menerima kunjungan resmi Perdana Menteri (PM) Papua Nugini James Marape beserta Ibu Rachael Marape di Istana Kepresidenan Bogor, Kamis (30/03). Dalam pertemuan itu, kedua negara membahas beberapa nota kesepahaman, salah satunya pada bidang kelistrikan.

Kerja sama pada bidang kelistrikan dilakukan antara PLN dan PNG Power untuk memasok secara sementara listrik dari Jayapura ke Vanimo. Kemudian, kedua negara membahas nota kesepahaman pembukaan rute penerbangan Jayapura ke Port Moresby dan Merauke ke Port Moresby.

"Kami membahas upaya penguatan kerja sama bilateral di berbagai bidang," kata Jokowi saat keterangan pers di Istana Kepresidenan Bogor, Kamis (30/3).

Selain itu, ada nota kesepahaman bea cukai dan kemaritiman. Kemudian, kedua negara mendiskusikan hal lain, yaitu kerja sama kesehatan. Jokowi mengatakan, Indonesia mendukung Papua Nugini untuk memperkuat ketahanan nasional bidang kesehatan.

Adapun, dukungan diberikan melalui kemitraan antara otoritas obat dan makanan kedua negara. "Perusahan farmasi Indonesia juga menunjukkan minat untuk masuk memasarkan produknya di pasar Papua Nugini," ujar dia.

Selanjutnya pada bidang pertahanan, Jokowi berharap kedua negara dapat membuka kesempatan kerja sama militer. Kedua negara juga membahas pentingnya penguatan konektivitas antara kedua negara, baik di darat, laut, dan udara

Jokowi berharap, terbuka peluang bagi perusahaan konstruksi Indonesia untuk membangun sarana konektivitas dan infrastruktur di Papua Nugini. Presiden juga berharap adanya perjanjian investasi bilateral untuk memfasilitasi dan memberikan keamanan bagi investor di kedua negara.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...