Pekerja Bergaji di Bawah Rp 3,5 Juta Akan Dapat Subsidi Rp 1 Juta

Ameidyo Daud Nasution
5 April 2022, 14:05
subsidi, airlangga, upah
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/pras.
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan paparan saat Refleksi Capaian 2021 dan Outlook Ekonomi 2022 di kantor Kementerian Koordinator Perekonomian, Jakarta, Kamis (30/12/2021).

Pemerintah tengah menghadapi masalah kenaikan harga komoditas akibat konflik Rusia dan Ukraina. Oleh sebab itu Presiden Joko Widodo memerintahkan para menteri untuk memperkuat perlindungan sosial demi melindungi masyarakat akibat lonjakan tersebut.

Arahan tersebut disampaikan Jokowi dalam Sidang Kabinet yang digelar pada Senin (5/4). Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan salah satu yang disiapkan pemerintah adalah Bantuan Subsidi Upah (BSU) sebesar Rp 1 juta kepada 8,8 juta pekerja dengan gaji di bawah Rp 3,5 juta.

"Anggaran yang disiapkan sebesar Rp 8,8 triliun," kata Airlangga  saat konferensi pers dikutip dari akun Instagram Sekretariat Kabinet, Selasa (5/4).

 Selain itu pemerintah juga menyiapkan Bantuan Presiden (Banpres) kepada 12 juta usaha mikro. Besaran bantuan yang diberikan adalah Rp 600 ribu per penerima. 

Pemerintah juga telah menyiapkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) minyak goreng dengan besaran Rp 300 ribu untuk tiga bulan, “Kami harap bisa disalurkan dalam Ramadan ini,” kata Airlangga.

Bantuan lainnya adalah Kartu Sembako kepada 18,8 juga masyarakat dengan tambahan peserta Program Keluarga Harapan sebanyak dua juta orang. Sedangkan BLT dana desa juga tetap dilanjutkan sebagai bentuk perlindungan sosial.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...