Jokowi minta Milenial dan Generasi Z Kuasai Tiga Kemampuan, Apa Saja?

Amelia Yesidora
5 April 2022, 18:32
jokowi, milenial, generasi z
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/tom.
Presiden Joko Widodo menyampaikan keterangan kepada wartawan usai melepas parade pembalap MotoGP di depan Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (16/3/2022).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjelaskan ada tiga keterampilan yang harus dimiliki oleh generasi milenial dan generasi Z di Tanah Air. Hal ini menjadi penting lantaran kedua generasi ini  akan menjadi penentu kemajuan Indonesia di masa depan.

Jokowi mengatakan tiga kemampuan tersebut adalah melek finansial, mampu berwirausaha, dan menguasai teknologi digital (digital savvy). Kemampuan melek finansial wajib dimiliki agar kaum muda mampu membuat perencanaan keuangan yang baik. 

Wirausaha dapat membuat anak muda tidak sepenuhnya menggantungkan diri pada lapangan kerja. Sebaliknya, kegiatan ini dapat menciptakan lapangan kerja baru dan membantu orang sekitar memperoleh pekerjaan dan meningkatkan kesejahteraan.

“Kita membutuhkan lebih banyak wirausaha agar semakin maju sesuai dengan karakter kaum muda yang bersemangat, kreatif, dan berani mengambil resiko, lincah dan menguasai hal-hal baru,” kata Presiden Joko Widodo dalam kata sambutannya di Pekan Milenial Naik Kelas, Selasa (5/4). 

Kemampuan dalam memanfaatkan teknologi digital juga dianggap krusial sebab hampir seluruh kegiatan saat ini bergantung pada perangkat digital. Beberapa di antaranya adalah aktivitas pembelajaran, investasi, belanja, transportasi, liburan, hingga kesehatan.

Halaman:
Reporter: Amelia Yesidora
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...