Jokowi Perkirakan 85 Juta Orang Akan Mudik, 14 Juta dari Jabodetabek

Rizky Alika
6 April 2022, 17:57
jokowi, mudik, lebaran
Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo saat berpidato dalam Laporan Tahunan Komisi Yudisial 2021 di Istana Negara, Jakarta, Rabu (9/3). Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden

Pemerintah mengizinkan masyarakat untuk mudik pada Idul Fitri tahun ini. Presiden Joko Widodo pun memperkirakan lebih dari 85 juta orang akan pulang kampung pada tahun ini.

Dari jumlah itu, sebanyak 14 juta orang berasal dari Jabodetabek. "Jumlah pemudik tahun ini diperkirakan sebanyak 85 juta orang," kata Jokowi dalam keterangan pers di Istana Kepresidenan Bogor, Rabu (6/4).

Advertisement

Sementara, jumlah orang yang menggunakan kendaraan pribadi sebanyak 47%. Ini artinya, ada sekitar 39,9 juta orang menggunakan kendaraannya untuk pulang ke kampung halaman.

Mantan Wali Kota Solo itu pun mengatakan pemerintah akan bekerja keras untuk memberikan pelayanan memadai saat mudik. "Agar para pemudik bisa menjalankan perjalanan dengan aman dan nyaman," ujar dia.

Dalam kesempatan itu, Jokowi memutuskan cuti bersama Hari Raya Idulfitri akan jatuh pada tanggal 29 April hingga 6 Mei 2022. Sedangkan libur hari raya akan jatuh pada tanggal 2 dan 3 Mei.

"Cuti bersama bisa digunakan untuk bersilaturahmi bersama keluarga dan handai taulan," kata Jokowi dalam keterangan pers pada Rabu (6/4).

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement