Jokowi Tunjuk Megawati Jadi Dewan Pembina Duta Pancasila Paskibraka

Rizky Alika
8 April 2022, 19:33
jokowi, megawati, paskibraka
Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo bersama Megawati Soekarnoputri meninjau persemaian Modern Rumpin, Bogor, Jawa Barat pada Kamis (10/3).

Presiden Joko Widodo meneken aturan terkait pasukan pengibar bendera pusaka (paskibraka). Presiden juga menunjuk Megawati Soekarnoputri sebagai Ketua Dewan Pembina Duta Pancasila Paskibraka.

Hal ini tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 51 Tahun 2022 tentang Program Paskibraka yang berlaku mulai 5 April 2022. Mega ditunjuk lantaran ia menduduki jabatan Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Idelogi Pancasila (BPIP).

"Dewan pembina sebagaimana dimaksud pada ayat (2) diketuai oleh Ketua Dewan Pengarah Badan," demikian tertulis pada Pasal 14 Ayat (4) Peraturan Presiden Nomor 51 Tahun 2022, dikutip Jumat (8/4).

Selain itu, Dewan Pembina Duta Pancasila Paskibraka beranggotakan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan; Menteri Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Menteri Dalam Negeri, dan Kepala BPIP. Adapun, Duta Pancasila Paskibraka terdiri dari tingkat pusat, provinsi, dan kabupaten/kota.

Di tingkat provinsi, Pembina Duta Pancasila Paskibraka Indonesia dijabat secara ex officio oleh gubernur. Pada tingkat kabupaten/kota, Pembina Duta Pancasila diduduki secara ex officio oleh bupati atau walikota.

Aturan itu menjelaskan, BPIP bertugas memberikan pembinaan terhadap Duta Pancasila Paskibraka Indonesia. Pembinaan itu meliputi pembentukan anggota, peningkatan kompetensi anggota, kegiatan atau aktivitas kepaskibrakaan, dan kegiatan pengarusutamaan Pancasila.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...