Usai Pernyataan Jokowi, BEM SI Pilih Tekan DPR Soal Penundaan Pemilu

Rizky Alika
11 April 2022, 16:00
bem, mahasiswa, pemilu, jokowi, dpr
Antara
Demonstrasi mahasiswa di depan Gedung DPR/MPR, Jakarta, Senin (11/4). Foto: Antara

Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) menggelar demonstrasi pada hari ini (11/4). Mereka mengubah tuntutan tolak tunda pemilihan umum (pemilu) dari Presiden Joko Widodo ke DPR.

BEM SI juga memindahkan lokasi demo hari ini dari semula berpusat di Istana Negara Jakarta menjadi ke Gedung DPR/MPR. Luthfi mengatakan, pemindahan lokasi dilakukan karena ingin memastikan DPR melaksanakan amanat konstitusi berjalan dengan baik.

Advertisement

Sebelumnya Presiden Joko Widodo telah mengatakan bahwa Pemilihan Umum 2024 akan berlangsung pada 14 Februari 2024. Jokowi juga memerintahkan para menteri tak lagi menyinggung soal perpanjangan masa jabatan presiden.

"(Tuntutan) kami (soal penolakan penundaan pemilu) lebih ke konstitusinya, ke DPR," kata Koordinator Media BEM SI Luthfi Yusfrizal saat dihubungi Katadata.co.id, Senin (11/4).

Pada keterangannya, Luthfi menyampaikan empat tuntutan kepada DPR. Pertama, mendesak dan menuntut wakil rakyat agar mendengarkan dan menyampaikan aspirasi rakyat. "Bukan aspirasi partai," ujar dia.

Kemudian, mendesak dan menuntut wakil rakyat untuk menjemput aspirasi yang telah disampaikan pada aksi pada 28 Maret-11 April 2022 di seluruh Indonesia. Ketiga, mendesak dan menuntut wakil rakyat untuk tidak mengkhianati konstitusi negara dengan melakukan amendemen UUD 1945.

"Bersikap tegas menolak penundaan pemilu 2024 atau masa jabatan tiga periode," tulisnya.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement