Sandiaga Bidik Investasi Ekonomi Kreatif Rp 4,3 T dari Australia

Andi M. Arief
11 April 2022, 22:11
australia, sandiaga uno, investasi, pariwisata
ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/hp.
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyampaikan sambutan saat kegiatan Digital Business Day rangkaian Internationale Tourismus-Borse (ITB) Berlin 2022 di Nusa Dua, Badung, Bali, Kamis (17/3/2022).

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) menargetkan untuk menarik investasi hingga US$300 juta atau setara Rp 4,3 triliun dari Australia. Salah satu yang dikejar dari Negeri Kanguru adalah investasi berbasis lingkungan atau hijau. 

Menteri Parekraf Sandiaga S. Uno menjelaskan investor dari Australia mengincar investasi pada ekosistem pergerakan listrik. Sandi menyebutkan para investor akan mengombinasikan nikel dari Indonesia dan lithium dari Australia. 

"Ini sangat terbuka peluangnya dan mendorong pelaku ekonomi kreatif untuk mengambil kesempatan ini. Bukan hanya berinvestasi, tapi menciptakan lapangan kerja berkualitas," kata Sandi dalam konferensi pers, Senin (11/4). 

 Sandi menilai investasi hijau ini pada akhirnya akan merangsang pembiayaan hijau dalam industri finansial nasional. Sebagai informasi, pembiayaan hijau mulai digadang-gadang oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sejak 2018.

Namun demikian, pembiayaan hijau tersebut tidak terlalu populer di industri finansial hingga saat ini. Sandiaga berpendapat salah satu sebabnya adalah jenis pembiayaan tersebut tidak berasal dari industri. 

"Kalau government lead banyak permasalahan dengan birokrasi. Kalau industry lead, saya bisa memberikan solusi jumlah funding yang available untuk green investment," kata Sandiaga. 

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...