Jokowi Minta Pejabat Negara hingga BUMN Segera Bayar Zakat

Rizky Alika
12 April 2022, 14:11
jokowi, zakat, covid-19
ANTARA FOTO/HO/Biro Pers Sekretariat Presiden/tom.
Presiden Joko Widodo menyampaikan ucapan selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan 1443 H di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Sabtu (2/4/2022).

Presiden Joko Widodo menunaikan zakat fitrah melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas). Ia pun mengimbau pejabat negara hingga swasta untuk membayar zakat.

Jokowi juga berharap dana zakat tersebut bisa dikelola dengan profesional dan teratur. Selain itu, zakat tersebut diharapkan dapat mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

"Seluruh pejabat negara, seluruh pejabat di BUMN, seluruh perusahaan swasta, dan seluruh kepala daerah beserta jajarannya di seluruh Indonesia untuk menunaikan kewajiban zakatnya melalui Baznas," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Selasa (12/4).

Kepala Negara juga mengingatkan zakat merupakan kewajiban bagi umat Islam. "berbagi kebahagiaan dengan saudara-saudara kita, utamanya kepada para mustahik," ujar dia.

Mantan Wali Kota Solo itu pun berharap, zakat tersebut bisa dimanfaatkan untuk membantu masyarakat yang mengalami kesulitan akibat pandemi Covid-19 dan bisa mengentaskan kemiskinan.

Dalam kesempatan itu, Jokowi bersama Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan para menteri turut membayar zakat melalui Baznas. "Semoga zakat yang kita keluarkan akan menyempurnakan ibadah puasa kita," kata Jokowi.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...