Pemilu Sesuai Jadwal, Jokowi Lantik Anggota KPU dan Bawaslu 2022-2027

Rizky Alika
12 April 2022, 14:44
kpu, jokowi, bawaslu
Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo saat lantik Anggota KPU dan Bawaslu di Istana Negara, Jakarta, Selasa (12/4). Foto: Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden.

Presiden Joko Widodo resmi melantik Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum periode 2022-2027. Pelantikan dilakukan di Istana Negara, Jakarta, Selasa (12/4).

Pelantikan Komisioner KPU dilakukan berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 33/P/2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota KPU. Sementara, pelantikan Anggota Bawaslu ditetapkan berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 34/B/2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota Bawaslu.

Adapun, anggota KPU periode 2022-2027 meliputi Betty Epsilon Idroos, Hasyim Asy’ari, Mochammad Afifuddin, Parsadaan Harahap, Yulianto Sudrajat, Idham Holik, dan August Mellaz. Sementara, anggota Bawaslu meliputi Lolly Suhenty, Puadi, Rahmat Bagja, Totok Hariyono, dan Herwyn Jefler Hielsa Malonda.

Saat dilantik, anggota KPU dan Bawaslu membacakan sumpah jabatan yang dipimpin Jokowi. Setelah sumpah jabatan, prosesi pelantikan dilanjutkan dengan mengumandangkan lagu Indonesia Raya. 

"Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan memenuhi tugas dan kewajiban saya sebagai anggota Komisi Pemilihan Umum, sebagai anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum dengan sebaik-baiknya," kata Jokowi diikuti oleh anggota KPU dan Bawaslu.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...