Sudah Dipangkas Jadi 76 T, Anggaran Pemilu 2024 Akan Dipotong Lagi

Pemangkasan anggaran Pemilu 2024 lantaran pemerintah masih memulihkan ekonomi usai pandemi hingga adanya pemekaran daerah.
Image title
13 April 2022, 22:05
pemilu, pemilu 2024, anggaran
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/wsj.
Petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) berpakaian hazmat mengarahkan pemilih memasukan surat suara ke dalam kotak suara di TPS 46 Paku Jaya, Serpong Utara, Tangerang Selatan, Banten, Rabu (9/12/2020).

Anggaran sebesar Rp 76,6 triliun yang diajukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk Pemilihan umum (Pemilu) 2024 kemungkinan akan dipangkas lagi. Ini lantaran infrastruktur dan alat perlindungan diri (APD) bakal menggunakan fasilitas dari pemerintah.

Semula, KPU mengajukan anggaran sekitar Rp 86 triliun pada Februari lalu sebelum akhirnya dipotong. Jika dipangkas lagi, maka fokus anggaran yang ada hanya dialokasikan untuk hal-hal yang bersifat elektoral atau pemilihan.

“Jadi KPU fokus pada anggaran yang berkaitan dengan elektoral saja, sehingga dengan begitu review-nya lebih jelas,” kata Ketua KPU Hasyim Asy’ari usai Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi II DPR pada Rabu (13/4).

Anggaran yang bersifat tahun jamak itu rencananya akan dicairkan untuk operasional tahapan pemilu yang akan dimulai pada tahun ini. Namun sebelum dicairkan, akan ada pembahasan lebih lanjut antara KPU, pemerintah, dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Advertisement

Namun, besaran nilai yang dipangkas belum diungkap oleh KPU. “Saya belum baca angkanya. Ini harus saya lihat dulu,” kata Hasyim. 

Terkait dengan dukungan infrastruktur, Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian menjelaskan adanya pemangkasan anggaran lantaran pemerintah masih bersiaga menghadapi Covid-19,  masa pemulihan ekonomi pasca-pandemi, banyaknya program-program strategis nasional dan daerah yang belum selesai, serta adanya pemekaran daerah.

Tito jiga akan menyurati pemerintah daerah (Pemda) untuk membantu persiapan renovasi atau pengadaan kantor KPU daerah. "Artinya, dengan anggaran seminimal mungkin, bisa mencapai target,” kata Tito dalam kesempatan yang sama.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo sempat mengatakan perkiraan anggaran untuk Pemilu 2024 mencapai Rp 110,4 triliun, termasuk alokasi untuk KPU di dalamnya. Jumlah anggaran tersebut melonjak dari Pemilu 2019 hanya mencapai Rp 25,5 triliun.

 

 

 

Reporter: Ashri Fadilla
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait