Sudah Dipangkas Jadi 76 T, Anggaran Pemilu 2024 Akan Dipotong Lagi

Image title
13 April 2022, 22:05
pemilu, pemilu 2024, anggaran
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/wsj.
Petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) berpakaian hazmat mengarahkan pemilih memasukan surat suara ke dalam kotak suara di TPS 46 Paku Jaya, Serpong Utara, Tangerang Selatan, Banten, Rabu (9/12/2020).

Anggaran sebesar Rp 76,6 triliun yang diajukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk Pemilihan umum (Pemilu) 2024 kemungkinan akan dipangkas lagi. Ini lantaran infrastruktur dan alat perlindungan diri (APD) bakal menggunakan fasilitas dari pemerintah.

Semula, KPU mengajukan anggaran sekitar Rp 86 triliun pada Februari lalu sebelum akhirnya dipotong. Jika dipangkas lagi, maka fokus anggaran yang ada hanya dialokasikan untuk hal-hal yang bersifat elektoral atau pemilihan.

“Jadi KPU fokus pada anggaran yang berkaitan dengan elektoral saja, sehingga dengan begitu review-nya lebih jelas,” kata Ketua KPU Hasyim Asy’ari usai Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi II DPR pada Rabu (13/4).

Anggaran yang bersifat tahun jamak itu rencananya akan dicairkan untuk operasional tahapan pemilu yang akan dimulai pada tahun ini. Namun sebelum dicairkan, akan ada pembahasan lebih lanjut antara KPU, pemerintah, dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Namun, besaran nilai yang dipangkas belum diungkap oleh KPU. “Saya belum baca angkanya. Ini harus saya lihat dulu,” kata Hasyim. 

Halaman:
Reporter: Ashri Fadilla
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...