Jokowi Senang INA Mulai Investasi Proyek Tol Rp 39 Triliun

Amelia Yesidora
14 April 2022, 14:48
tol, jokowi, ina, LPI, investasi
Setpres
Presiden Joko Widodo saat meresmikan Pabrik baru Hyundai Indonesia di Cikarang, Jawa Barat, Rabu (16/3).

Indonesia Investment Authority (INA) secara resmi bekerjasama dengan PT Hutama Karya (Persero) dan PT Waskita Karya (Persero) untuk membiayai tol Trans Sumatera dan Trans Jawa. Total pembiayaan yang disepakati mencapai lebih dari Rp 39 triliun.

Presiden Joko Widodo bersyukur bahwa INA resmi memecahkan telur dan memulai pembiayaan infrastruktur. Jokowi juga berharap akan ada investasi dari pihak swasta baik domestik maupun internasional datang ke Tanah Air melalui lembaga tersebut.

"Setelah telur ini pecah. Insya Allah akan semakin besar investor-investor yang akan masuk ke Indonesia lewat INA," kata Jokowi dalam sambutannya di acara penandatanganan perjanjian INA tahun 2022 secara virtual.

Dalam sambutannya, mantan gubernur DKI Jakarta ini juga menjelaskan hingga 2014, Indonesia baru bisa membangun 780 km jalan tol. Namun mulai 2015 hingga kini, panjang jalan tol yang terbangun menjadi 1900 km.

Presiden menilai perbedaan saat ini hingga banyak tol terbangun adalah di aspek pembiayaan. "Ketergantungan pada APBN, BUMN, dan swasta yang dalam sekian tahun juga tidak berjalan dengan baik,” ujar Jokowi.

Dikutip dari Antara, investasi yang melibatkan INA dan PT Hutama Karya adalah tol Medan-Binjai sepanjang 17 km, Bakauheni-Terbanggi Besar sepanjang 141 km, dan Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung sepanjang 189 km.  Sementara tol Waskita Karya yang dilibatkan adalah tol Kanci-Pejagan sepanjang 35 km dan Pejagan-Pemalang sepanjang 58 km.

Halaman:
Reporter: Amelia Yesidora
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...