Sri Mulyani Peringatkan Risiko Baru Ekonomi saat RI Masuk Endemi 2023

Abdul Azis Said
14 April 2022, 19:34
sri mulyani, anggaran, endemi, ukraina
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/POOL/rwa.
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati berjalan meninggalkan ruangan usai penutupan Pertemuan Tingkat Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral G20 atau Finance Ministers and Central Bank Governors (FMCBG) G20 di Jakarta Convention Center, Jakarta, Jumat (18/2/2022).

Penanganan pandemi diperkirakan bisa semakin membaik pada tahun depan sehingga Indonesia akan transisi menjadi endemi. Pemerintah tidak lagi memasukkan anggaran Covid-19 sebagai kebutuhan prioritas dalam belanja kesehatan.

Seiring optimisme terhadap dimulainya transisi menuju endemi, Sri Mulyani menyebut penyusunan anggaran kesehatan tahun depan akan berfokus pada kebutuhan non Covid-19. Adapun anggaran kesehatan non Covid-19 akan ditingkatkan dari Rp 139 triliun tahun ini menjadi Rp 155 triliun tahun depan.

Advertisement

"Ini akan menjadi salah satu hal yang diharap akan mengurangi beban terhadap masyarakat dan perekonomian," kata Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam keterangan pers usai Rapat Terbatas Rancangan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) dan Pagu Indikatif APBN 2022, Kamis (14/4).

Anggaran kesehatan tahun depan juga akan naik 81% menjadi Rp 312 triliun. Adapun program reformasi kesehatan yang direncanakan akan berupa pemberian jaminan kesehatan nasional, peningkatan kesiapsiagaan kesehatan, pembangunan sarana dan prasarana kesehatan,  peningkatan pelayanan kesehatan, hingga mengatasi stunting dan tuberkulosis.

Meski mulai transisi menuju endemi, perekonomian tahun depan bukan tanpa tantangan. Dampak perang antara Rusia dan Ukraina akan terasa tahun depan dengan kenaikan harga pangan global.

Selain itu tekanan di pasar keuangan terjadi karena bank sentral negara maju memperketat moneternya demi meredam inflasi. Beberapa bank sentral utama seperti di The Fed di Amerika Serikat sudah mengumumkan kenaikan bunga pertamanya pada bulan lalu dan kemungkinan langkah lebih agresif ke depannya.

Bank sentral Inggris sudah lebih dulu menaikkan bunga, begitu pla bank sentral Kanada juga baru saja mengumumkan kenaikan bunga pertamanya. Pengetatan moneter juga kemungkinan dilakukan Bank Sentral Eropa (ECB).

Halaman:
Reporter: Abdul Azis Said, Amelia Yesidora
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement