Covid-19 Melandai, Korsel hingga Inggris Dihapus dari Daftar Merah AS

Rizky Alika
19 April 2022, 11:54
covid-19, amerika serikat, level 3.
ANTARA FOTO/REUTERS/Carlo Allegri/WSJ/cfo
Warga mengantri untuk tes penyakit virus korona (COVID-19) di Times Square saat pandemi COVID-19 di Manhattan, New York City, New York, Amerika Serikat, Senin (13/12/2021).

Kasus Covid-19 mulai menurun di sejumlah negara. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat pun menghapus rekomendasi "Jangan Bepergian" untuk sekitar 90 tujuan internasional.

Mengutip dari Reuters pada Selasa (19/4), negara-negara tersebut turun kategori dari Level 4 ke Level 3: Tinggi.  Negara itu meliputi Inggris, Prancis, Israel, Turki, Australia, Yunani, Hong Kong, Italia, Jepang, Korea Selatan, Spanyol, dan Rusia.

Advertisement

Kemudian, Swiss, Austria, Belgia, Bulgaria, Republik Afrika Tengah, Chili, Republik Ceko, Yordania, Lebanon, Selandia Baru, Norwegia, Portugal, Polandia, Somalia, Uruguay, dan Vietnam.

 Dengan demikian, tidak ada negara yang masuk dalam Level 4: Keadaan Khusus/Jangan Bepergian. Sementara, ada 55 negara yang masuk dalam kategori terendah, yaitu Level 1. Meski demikian, pelancong dari AS yang belum vaksinasi dosis penuh disarankan menghindari perjalanan ke negara dalam daftar Level 3.

Mengutip dari The Washington Post, CDC terus memperbarui mingguan daftar negara yang harus dihindari para pelancong karena virus corona. Adapun, kategori tertinggi ialah Level 4 yang menunjukkan tingkat virus corona yang sangat tinggi. Sedangkan Indonesia masuk dalam kategori Level 3.

Sementara itu, Departemen Luar Negeri AS juga memberikan rekomendasi dengan memerhatikan ancaman seperti terorisme dan bencana alam. Selain itu, departemen juga mempertimbangkan rekomendasi CDC.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement