Jokowi Resmikan Bandara Trunojoyo Besok, Pacu Akses Udara ke Madura

Rizky Alika
19 April 2022, 17:38
jokowi, bandara, blt
ANTARA FOTOFOTO/Kornelis Kaha/rwa.
Presiden Joko Widodo (kiri) didampingi Gubernur NTT Viktor B Laiskodat (kedua kanan) dan Wali Kota Kupang Jefri Riwu Kore (kanan) meninjau taman wisata baru dan kuliner di Pantai Kelapa Lima, Kota Kupang, NTT, Kamis (24/3/2022).

Presiden Joko Widodo akan meresmikan Bandara Trunojoyo di Sumenep, Madura, Jawa Timur pada Rabu (20/4). Selain itu, Presiden juga direncanakan membagikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) di pasar.

Kemudian, Jokowi akan blusukan di pasar Surabaya, "Ke pasar (bagikan) BLT, ke Surabaya pasar dan kampung nelayan," kata sumber di kalangan pemerintah, Selasa (19/4).

Menurut laman Kementerian Perhubungan, bandara tersebut memiliki landasan pacu sepanjang 1.600 meter x 30 meter. Sementara, apron sepanjang 40 meter x 40 meter dan taxiway 40 meter x 10 meter.

Sedangkan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan Bandara Trunojoyo akan membuka konektivitas dari dan menuju Pulau Madura. Bandara tersebut diharapkan mampu meningkatkan kelancaran akses di sekitar Madura, seperti Pulau Bawean dan Pulau Pagerungan.

"Ini wujud dari negara hadir melalui pembangunan bandara yang betul-betul dibutuhkan dan manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat," ujar dia.

Saat ini, Bandara Trunojoyo melayani penerbangan perintis rute Sumenep-Bawean pp dan Sumenep-Pagerungan pp. Bandara juga menyediakan penerbangan komersial rute Sumenep-Surabaya pp dan Sumenep-Banyuwangi pp.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...