Jokowi Berambisi Holding BUMN Pertahanan Defend ID Masuk Top 50 Dunia

Ameidyo Daud Nasution
20 April 2022, 14:44
jokowi, holding, bumn, defend id
Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, dan Menteri BUMN Erick Thohir saat meresmikan holding BUMN pertahanan di Surabaya, Rabu (20/4). Foto: Youtube Sekretariat Presiden.

Presiden Joko Widodo resmi meluncurkan Holding Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Industri Pertahanan di Surabaya, Jawa Timur pada Rabu (20/4). Dalam sambutannya, Jokowi meminta perusahaan bernama Defend ID tersebut mampu berbicara banyak di kancah internasional.

PT Len Industri (Persero) menjadi induk holding. Adapun anak usahanya adalah PT Dirgantara Indonesia (Persero), PT PAL Indonesia (Persero), PT Pindad,(Persero) dan PT Dahana (Persero).

"Saya catat janjinya. Defend ID akan menjadi top 50 perusahaan pertahanan dunia," kata Jokowi di Surabaya, Rabu (20/4).

Selain itu Jokowi meminta Defend ID mampu meningkatkan penggunaan komponen lokal dalam industri pertahanan. Saat ini Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) industri ini baru mencapai 41%.

"Harus terus diperbesar dan menurunkan impor alat pertahanan serta keamanan," ujarnya.

Mantan Wali Kota Solo itu juga meminta BUMN ini inovatif serta mampu membangun kerja sama global. Tak hanya itu, Jokowi juga membuka lampu hijau Defend ID menggandeng siapa pun untuk transfer teknologi. "Tapi tetap mayoritas (harus) kita," katanya.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...