BEM UI Gelar Demontrasi di Patung Kuda, Beri 7 Tuntutan ke Jokowi

Rizky Alika
21 April 2022, 12:30
bem UI, demonstrasi. jokowi
Antara
Demonstrasi mahasiswa di depan Gedung DPR/MPR, Jakarta, Senin (11/4). Foto: Antara

Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) menggelar aksi demonstrasi menolak perpanjangan masa jabatan presiden di Patung Arjuna Wijaya atau Patung Kuda di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta pada Kamis, hari ini (21/4). Mereka membawa tujuh tuntutan untuk Presiden Joko Widodo.

Adapun, ketujuh tuntutan itu ialah meminta Jokowi menindak tegas para penjahat konstitusi dan menolak wacana perpanjangan masa jabatan presiden. Kemudian, mereka meminta turunkan harga kebutuhan pokok dan atasi ketimpangan ekonomi.

Advertisement

Pemerintah juga didesak menindak tegas segala tindakan represif terhadap masyarakat sipil  Selanjutnya, Kepala Negara diminta mewujudkan pendidikan ilmiah, gratis, dan demokratis.

Selain itu, BEM UI meminta pemerintah sahkan Rancangan Undang-Undang (RUU) prorakyat dan menolak RUU pro oligarki. Dua tuntutan berikutnya, wujudkan reforma agraria sejati serta tuntaskan seluruh pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM).

BEM UI menilai, polemik yang beredar, seperti kenaikan bahan pokok, ketimpangan ekonomi, dan berbagai polemik lainnya disebabkan ketidaktegasan dan ketidaktepatan kebijakan pemerintah. "Dan semrawutnya tata kelola yang dijalankan rezim saat ini," demikian tertulis dalam akun Instagram mereka.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement