Bappenas: Iptek Jadi Kunci Menuju Indonesia Maju 2045

Rizky Alika
21 April 2022, 18:45
iptek, penelitian, bappenas
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/hp.
Petugas mengolah limbah masker untuk dijadikan biji plastik di Laboratorium Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) di Cisitu, Bandung, Jawa Barat, Kamis (19/8/2021). Foto: Antara.

Pemerintah menargetkan visi Indonesia maju pada 2045. Namun, Deputi Bidang Ekonomi Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/ Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Amalia Adininggar Widyasanti menilai pentingnya ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) untuk mendukung visi tersebut.

"Ilmu pengetahuan dan inovasi menjadi bagian dari pembentuk atau landasan penting untuk menuju transformasi ekonomi Indonesia dalam rangka menuju Indonesia Maju 2045," kata Amalia dalam penutupan Knowledge Sector Initiative (KSI) secara daring, Kamis (21/4).

Advertisement

Adapun, visi Indonesia Maju 2045 diarahkan pada Indonesia yang maju, adil, dan makmur. Kemudian, Indonesia diharapkan menjadi negara berpendapatan tinggi serta menjadi salah satu dari lima kekuatan ekonomi dunia.

Untuk mewujudkan hal tersebut, diperlukan kualitas manusia yang unggul serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Kemudian, visi itu juga perlu didukung dengan kesejahteraan rakyat yang merata.

"Jelas untuk wujudkan visi tersebut, pembangunan sumber daya yang berkualitas membutuhkan iptek," kata Amalia.

Meski begitu, penguasaan iptek masih menghadapi tantangan dalam pengembangan sumber daya manusia. Oleh karenanya, kombinasi iptek dan inovasi pengetahuan perlu dilakukan secara bersama.

"Kolaborasi sinergis perlu dibangun antara industri dan lembaga riset," ujar dia.

Dalam hal ini, KSI telah berupaya untuk mendorong kebijakan berbasis bukti. KSI juga mendukung manajemen pengetahuan lintas direktorat melalui Manajemen Pengetahuan Perencanaan Pembangunan (MP3).

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement