Bertemu PM Jepang, Jokowi Singgung Konflik Ukraina hingga Myanmar

Ameidyo Daud Nasution
29 April 2022, 19:30
jokowi, jepang, ukraina
Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo saat memberikan keterangan bersama PM Jepang Fumio Kishida di Istana Bogor, Jumat (29/4). Foto: Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden.

Presiden Joko Widodo telah selesai menggelar pertemuan dengan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida. Dalam pernyataan bersama, keduanya meminta perang di Ukraina segera dihentikan.

Selain itu dunia juga harus bekerja sama untuk mengatasi dampak perang, baik dari sisi kemanusiaan maupun perekonomian. Jokowi dan Kishida juga sepakat menciptakan suasana kondusif agar perundingan damai tercapai.

"Presidensi Indonesia di G20 akan kami manfaatkan sebagai katalisator penanganan kemanusiaan dan pemulihan ekonomi dunia," kata Jokowi di Istana Kepresidenan, Bogor, Jumat (29/4).

Selain itu kedua pemimpin juga membahas situasi Myanmar. Keduanya sepakat bahwa lima butir konsensus yang disepakati ASEAN dapat dilaksanakan oleh pemerintah Myanmar. 

Selain itu Jokowi dan Kishida juga membahas kerja sama kawasan Indo-Pasifik agar menjadi wilayah yang stabil dan sejahtera. Mantan Wali Kota Solo itu lalu mengajak koleganya untuk membangun kemitraan lebih erat.

"Terutama di bidang maritim, konektivitas, pencapaian SDG's, serta perdagangan dan investasi," ujar Jokowi.

Halaman:
Reporter: Amelia Yesidora
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...