RI Deteksi 15 Kasus Hepatitis Akut, Menkes Minta Waspadai Gejalanya

Amelia Yesidora
9 Mei 2022, 18:09
hepatitis akut, hepatitis, anak, kesehatan
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/YU
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyampaikan paparannya dalam rapat kerja bersama Komisi IX di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (23/3/2022).

Jumlah kasus hepatitis akut yang terdeteksi di Indonesia semakin bertambah. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin sebut sudah ada 15 kasus diduga penyakit tersebut yang ditemukan di Indonesia.

Temuan ini menyusul tiga kasus pertama yang ditemukan di Jakarta pada 27 April lalu. Organisasi kesehatan dunia (WHO) sudah menyatakan bahwa outbreak hepatitis akut pada 23 April, empat hari sebelum ditemukan di Indonesia. 

Budi mengatakan bahwa pihaknya sudah berkoordinasi dengan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat dan Inggris untuk mengetahui penyebab penyakit tersebut.

“Kemungkinan besar adalah adenovirus strain 41 tapi ada juga banyak kasus yang tidak ada adenovirus strain 41 ini, jadi kami masih melakukan penelitian bersama-sama dengan Inggris dan Amerika Serikat untuk memastikan penyebabnya apa,” kata Budi.

 Penyakit ini biasa menyerang anak-anak di bawah usia 16 tahun, bahkan lebih rentan pada anak bawah lima tahun (balita). Gejala yang muncul dari hepatitis akut ini dimulai dari saluran cerna yang disebabkan oleh infeksi dan disertai demam.

Budi menyarankan agar dilakukan pengecekan atas enzim SGPT dan SGOT anak tersebut. Melansir dari laman HelloSehat, kedua enzim ini berperan untuk membantu mencerna protein dalam tubuh yang levelnya dapat diketahui lewat pemeriksaan fungsi hati melalui tes darah.

Halaman:
Reporter: Amelia Yesidora
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...