Bertemu Kongres AS, Jokowi Singgung Soal Perang Rusia-Ukraina

Ameidyo Daud Nasution
13 Mei 2022, 10:04
jokowi, asean, amerika serikat, kongres, ukraina
Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo bersama pemimpin ASEAN bertemu dengan Kongres AS di Capitol Hill, Washington DC, Kamis (12/5). Foto: Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden

Presiden Joko Widodo dan para pemimpin negara-negara ASEAN bertemu dengan Ketua Dewan Perwakilan Amerika Serikat Nancy Pelosi dan Anggota Kongres AS di Capitol Hill, Washington DC, Kamis (12/5). Dalam sambutannya, Jokowi menyinggung soal perang Rusia dengan Ukraina dan dampaknya terhadap negara lain.

Jokowi mengatakan kondisi di Ukraina bisa terjadi di wilayah lain termasuk Indo-Pasifik jika hukum internasional tidak dihormati dan unilateralisme dikedepankan.

Advertisement

"Perang di Ukraina menciptakan tragedi kemanusiaan yang luar biasa dan berdampak terhadap ekonomi global," kata Jokowi dikutip dari laman Sekretariat Presiden, Jumat (13/5).

Jokowi juga mengajak Amerika Serikat jadi bagian untuk menciptakan upaya perdamaian di Indo-Pasifik. Ia mengatakan bahwa ASEAN selama lebih dari 50 tahun telah menikmati stabilitas dan bekerja kerasa membangun arsitektur kawasan dengan semangat kerja sama.

"Budaya dialog diperkokoh, kerja sama inklusif dikedepankan, dan hukum internasional dan nilai multilateral jadi panglima," katanya.

Mantan Wali Kota Solo itu diberikan kesempatan untuk berbicara pertama dan memperkenalkan pemimpin ASEAN yang hadir. Selain itu, ia bersama Pelosi juga memimpin jalannya pertemuan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement