Jokowi Undang Joe Biden ke KTT G20: See You in Bali

Ameidyo Daud Nasution
13 Mei 2022, 16:43
jokowi, biden, g20
Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo menuliskan pesan undangan kepada Presiden AS Joe Biden di Gedung Putih, Kamis (12/5). Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden.

Presiden Joko Widodo telah menghadiri undangan jamuan makan malam dengan Presiden Amerika Serikat Joe Biden pada Kamis (12/5) waktu setempat. Saat tiba di Gedung Putih, Jokowi sempat mengisi buku undangan yang telah disediakan.

Jokowi menuliskan pesan harapan kemitraan ASEAN dan AS yang lebih kuat di masa depan. Secara khusus, ia mengundang Biden untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali November 2022 mendatang.

Advertisement

"See you in Bali for G20," tulis Jokowi dalam foto yang dibagikan oleh Biro Pers Sekretariat Presiden, Jumat (13/5).

Sedangkan Jokowi sempat mendapatkan kehormatan untuk membalas toast Presiden Biden. Dalam sambutannya, Jokowi berharap Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Khusus ASEAN-AS jadi momentum memperkuat kemitraan ke depan.

"Saya mengajak kita untuk mengangkat gelas bagi kemitraan yang terus berkontribusi bagi penguatan nilai multilateralisme, perdamaian dan stabilitas, serta motor penggerak kesejahteraan kawasan," kata Presiden dikutip dari keterangan tertulis Sekretariat Presiden.

Presiden Joko Widodo bersama Presiden AS Joe Biden.
Presiden Joko Widodo bersama Presiden AS Joe Biden. (Sekretariat Presiden)

Selain itu Presiden menyambut baik prinsip kesepakatan kedua pihak untuk memiliki kemitraan strategis komprehensif yang merupakan status kerja sama paling tinggi.

Sebelumnya Jokowi dan para pemimpin negara-negara ASEAN bertemu dengan Ketua Dewan Perwakilan Amerika Serikat Nancy Pelosi dan Anggota Kongres AS di Capitol Hill, Washington DC, Kamis (12/5).

Di depan Pelosi dan Kongres AS, Jokowi menyinggung soal perang Rusia dengan Ukraina dan dampaknya terhadap negara lain. ia mengatakan kondisi di Ukraina bisa terjadi di wilayah lain termasuk Indo-Pasifik jika hukum internasional tidak dihormati dan unilateralisme dikedepankan.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement